Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Penyelesaian Masalah Aritmatika Sosial Tipe Open-Ended pada Kelas VII SMP Negeri 1 Trangkil
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat berpikir kreatif siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil melalui soal open ended materi aritmatika sosial. Dokumentasi, tes dan wawancara digunakan sebagai cara pengumpulan data sedangkan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data sebagai teknik analisisnya. Hasil penelitian ini yaitu (1) siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir yang sangat kreatif (TKBK 4), (2) siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kreatif (TKBK 3) dan (3) siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kurang kreatif (TKBK 1).
Kata kunci: Aritmatika Sosial, Tingkat Berpikir Kreatif, Soal Open Ended
Â
Abstract
This qualitative descriptive study aims to describe how the level of creative thinking of class VII C students of SMP Negeri 1 Trangkil through open-ended questions on social arithmetic material. Documentation, tests, and interviews are used as data collection methods, while data reduction, data presentation, drawing conclusions, and data verification are used as analysis techniques. The results of this study were (1) students with high mathematical abilities had very creative thinking skills (TKBK 4), (2) students with moderate mathematical abilities have the ability to think creatively (TKBK 3) and (3) students with low mathematical abilities have less creative thinking skills (TKBK 1).
Keywords: Social Arithmetic, Level of Creative Thinking, Open-Ended Questions
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan I; Iyan AR, ed.). Yogyakarta : Araska.
Munandar, S. C. U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nadhifah, A. A. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Santoso, H. R. W., Novisita, Ratu dan Yunianta, T. N. H. (2014). Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Satya Widya, 30(2), 84.
Sihombing, A. S. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Masalah Open-Ended dengan Pembelajaran Ekspositori. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Reviews, vol : 1, 548–553. Retrieved from http://www.academicjournals.org/article/article1379767432Siswono.pdf
Sugianto, Hayati, F. & J. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Peramaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), hal. 1678-1688.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran (cet. ke-2). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Ubaidah, Nila & Maharani, H. R. (2015). Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dengan Metode Power Teaching. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (1), Hal : 10.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id