PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Indah Putri Jayanti, Budiaman Budiaman, Sujarwo Sujarwo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 90 siswa yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sebagai penentu kriteria sampel. Pengujian statistik dalam penelitian ini, seluruhnya menggunakan bantuan dari software SPSS Statistics 25. Adapun berdasarkan pengolahan data yang didapat melalui para responden, didapatkan hasil uji T dengan nilai Thitung 3,124 > Ttabel 1,987. Dengan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget  terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Kemudian, berdasarkan model regresi linier yang digunakan yakni Y'=78,026+0,177X. Dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi penambahan satu nilai variabel bebas (X), maka akan meningkatkan nilai variabel terikat (Y) sebesar 0,177. Koefisien regresi ini bernilai positif, sehingga dapat diartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif.


Keywords


Intensity, Gadget, Learning Outcomes

Full Text:

PDF PDF

References


Anggraini, Eka, Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak (Serayu Publishing, 2019)

As-Tsauri, M. S., Arifin, B. S., & Tarsono. (2021). Penggunaan Smartphone Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 14–22.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16–25.

Indahri, Y. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(12).

Janah, Masrinda Mar’atul, Muhibuddin Fadhli, and Dian Kristiana, ‘Hubungan Intensitas Menonton Youtube Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3.2 (2019), 110–16

Kumalasari, Resky Indah Tantri, Syaad Padmanthara, and Triyanna Widiyaningtyas, ‘Persepsi Guru Tentang Moodle Serta Dampak Pembelajarannya Terhadap Siswa SMKN Di Banyuwangi’, Jurnal Pendidikan, 4.2 (2019), 14

Maria, I., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74–81.

Ratulangi, A. G., Kairupan, B. H. R., & Dundu, A. E. (2021). Adiksi Internet Sebagai Salah Satu Dampak Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik, 13(3), 251–258. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jbm.13.3.2021.31957

Siste, Kristiana, Enjeline Hanafi, Lee Thung Sen, Hans Christian, Adrian, Levina Putri Siswidiani, and others, ‘The Impact of Physical Distancing and Associated Factors Towards Internet Addiction Among Adults in Indonesia During COVID-19 Pandemic: A Nationwide Web-Based Study’, Frontiers in Psychiatry, 11 (2020)

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–477.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id