Metodologi Penafsiran Al-Qur’an dan Hadis Tentang Organizing dan Relevansinya dengan Manajemen Pendidikan

Rizka Firnanda Milenia Putri

Abstract


Abstrak Organizing atau pengorganisasian merupakan suatu proses dalam pembentukan sistem atau wadah dalam rangka penyusunan anggota dalam bentuk yang lebih terstruktur dimana dalam hal ini mempu mencapai tujuan organisasi. Dalam lingkup manajemen pendidikan, organizing sangat membantu untuk keberlangsungan proses dalam suatu lembaga pendidikan agar menjadi terstruktur dan terarah. Tujuan penelitian ini antara lain: (1)memahami secara mendalam metodologi penafsiran Al-Qur’an dan Hadis,(2) mengetahui pengorganisasian pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadis, dan (3) mengetahui dasar-dasar administrasi pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Al-Qur'an. Metode penelitian menerapkan strategi interpretatif dalam hubungannya dengan metode analisis ide. Informasi diperoleh dari Al-Qur’an Hadis tentang organizing. Hasilnya yaitu: (1) memahami metodologi dalam penafsiran dapat dilakukan dengan memahami dengan sungguh-sungguh, (2) dalam Al-Qur’an organizing tertera dalam surat As-Sajdah: 4-5 dan surat An-Naml ayat 17. (3) prinsip dasar manajemen pendidikan yaitu prinsip ikhlas & prinsip jujur. Tujuan pendidikan dalam Al-Qur'an, khususnya: untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah


Keywords


organizing, pengorganisasian, manajemen pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Akyuni, Qurrata. (2018) Pengorganisasian dalam Pendidikan Islam, Jurnal Tarbawi Vol. 10. No 2. Hal 14.

Asmendri, Milya Sari. (2020) Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, (Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Vol 6 No. 1.

Edya, Sarwo. (2023) Manajemen Pendidikan Islam Inovasi dan Solusi Masa Depan Dunia Pendidikan Islam,(Indramayu: CV Adanu Abitama.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam Kajian Telaah Tafsir Al-Qur’an, (Yogyakarta: Garudhawaca.

Fitria, Norma, (2023) Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam, (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 6 No. 8.

Jusriati, Neny Mayasari. (2023) Manajemen Pendidikan, (Tohar Media: Makassar.

Mahanis, Juni. (2020) Manajemen Pendidikan Islam Kajian Teoritis ddan Praktis, (Kuningan: Goresan Pena.

Mustofa, Muhammad. (2016) Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research), (Jakarta: Get Press Indonesia.

Mujahidin, Edin Nuraeni. (2021) Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, (Jurnal of Management in Islamic Education, Vol. 2, No. 2.

Noor Hamid, Imam Machali. (2017) Pengantar Manajemen Pendidikan Islam, (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta

Nurmalasari, Angelya Audy Alifa (2022) Pengorganisasian dalam Manajemen Pendidikan, (Jurnal iset Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2 No. 3.

Saehudin, Ahmad, Izzan. (2020). Hadis Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Hadis, (Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan (KDT).

Sartika, Didi (2020) Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekontruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi, (Southeast Asian Journal of Islamic Education Manajement, Vol. 1 No. 2

Suryana, Andri. Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan Al-Qur’an Di Sdit Buahati Islamic School 2 Jakarta Timur. Masters Thesis,. Jakarta: Institut Ptiq Jakarta.

Turmidzi, Imam. (2021) Pengelolaan Pendidikan Bermutu di Madrasah Tarbawi, Vol. 4 No. 2.

Wicaksono, Lungit, Riswadi. (2022) Implementasi Learning Organization dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar di Kabupaten Pringsewu, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6 No. 2, hal 6.

Zaini, Hasan. (2013) Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, (Jurnal Al-Fikrah, Vol. 1 No.1, hal 9.

Zed, Mustika. (2004) Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zubairi, (2023) Paradigma Pendidikan Agama Islam, (Indramayu: CV Adanu Abitama.

Zuhdi, Muhammad Harfin, (2014). Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif Islam, (AKADEMIKA, Vol. 19 No.01. hal 1-4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.36287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id