IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DATA PADA SITEM KENDALI MOTOR INDUKSI TIGA PHASA
Abstract
Sistem kendali dituntut mampu melakukan pengendalian yang efektif dan efisien. Penyederhanaan pengkabelan pada sistem kendali adalah salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas. Sistem kendali juga dituntut mampu dioperasikan dengan mudah dan cepat, memonitor keadaan yang ada di plant, memunculkan alarm apabila terjadi kejadian abnormal, dan dapat melakukan pengoperasian maupun pemonitoran melalui jarak jauh (remote controller). Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan komunikasi data untuk mengendalikan dan memonitor motor induksi tiga phasa. Sistem kendali ini menggunakan komunikasi data melalui RS-485 dengan protokol Modbus RTU. PLC Omron CP1E-N30DT-D difungsikan sebagai master dan VFD Omron 3G3MX2-AB007-V1 difungsikan sebagai slave. Untuk operasi sistem menggunakan HMI Omron NB10W-TW01B yang memungkinkan remote acces dengan menggunakan VNC (Virtual Network
Computing) melalui PC. Dari 50 kali pengujian, implementasi komunikasi data pada sistem kendali motor induksi tiga phasa untuk melakukan fungsi pengoperasian maupun pemonitoran menggunakan HMI dan PC 100% dapat berfungsi. Pengukuran arus dan tegangan keluaran oleh VFD dapat berfungsi dengan baik dengan. Pengukuran tegangan keluaran memiliki rata-rata akurasi 99.29% dan rata-rata presisi 99.97%. Pengukuran arus keluaran memiliki rata-rata akurasi 90.79% dan rata-rata presisi 100%. Dan pada pembacaan rpm antara HMI dan Tachometer terdapat perbedaaan karena adanya slip, rata-rata slipnya 0.12%.
Kata kunci: Modbus RTU, PLC, VFD, HMI, VNC
Computing) melalui PC. Dari 50 kali pengujian, implementasi komunikasi data pada sistem kendali motor induksi tiga phasa untuk melakukan fungsi pengoperasian maupun pemonitoran menggunakan HMI dan PC 100% dapat berfungsi. Pengukuran arus dan tegangan keluaran oleh VFD dapat berfungsi dengan baik dengan. Pengukuran tegangan keluaran memiliki rata-rata akurasi 99.29% dan rata-rata presisi 99.97%. Pengukuran arus keluaran memiliki rata-rata akurasi 90.79% dan rata-rata presisi 100%. Dan pada pembacaan rpm antara HMI dan Tachometer terdapat perbedaaan karena adanya slip, rata-rata slipnya 0.12%.
Kata kunci: Modbus RTU, PLC, VFD, HMI, VNC
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.