Representasi Hedonisme dan Keharmonisan Keluarga pada Akun Rans Entertainment di Media Online Dengan Kajian Nilai-Nilai Islam

Irwiyatun Nikmah, Dian Marhaeni

Abstract


Youtube merupakan salah satu media yang banyak diminati masyarakat termasuk akun Rans Entertainment milik keluarga Raffi Ahmad yang terdapat banyak video dengan jenis dan konten yang beragam seperti mengenai gaya hidup hedonisme dan keharmonisan keluarga. Peneliti menganalisa representasi hedonisme dan keharmonisan keluarga pada akun Rans Entertainment di media online dengan kajian nilai-nilai Islam menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori semiotika dari John Fiske yang membagi kode-kodetelevisi dalam 3 level yaitu realitas, representasi, dan ideologi tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 2 pendekatan saja yaitu realitas dan representasi. Keterbatasan penelitian initerdapat pada objek yang hanya memfokuskan pada akun Rans Entertainment dan fokus mengenai hedonisme dan keharmonisan keluarga. Berdasarkan penggambaran dari segi realitas yaitu terdapat ekpresi dan gaya bicara atau dialog yang menunjukkan adanya perilaku gaya hidup hedonisme dan keharmonisan keluarga. Sedangkan dari segi representasi untuk pengambilan kamera menggunakan medium shot dan long shot, dan untuk pencahayaan menggunakan front light dan key light. Perilaku hedonisme tidak sesuai dengan ajaran agama Islam sedangkan keharmonisan keluarga sesuai dengan ajaran agama Islam. Dalam penelitian ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan media dengan mencontoh sisi positifnya. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metodologi semiotika dengan pendekatan teori semiotika lain.
Kata Kunci: Hedonisme, Keharmonisan Keluarga, Rans Entertainment, Media Online, Nilai-
Nilai Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.