METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Umma Rohmah Sholekah, Toha Makhshun, Ali Bowo Tjahjono

Abstract


Metode Experiential Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai metode alternatif untuk menciptakan kemampuan pengetahuan siswa dalam jangka panjang dimana dalam proses pembelajarannya siswa tidak hanya menguasai materi dengan menghafal teoriteori
yang tersaji melainkan dalam bentuk siswa bekerja dan mengalami apa yang mereka pelajari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dimana penulis melakukan penelitian langsung ketempat yang hendak diteliti, yaitu di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Disamping itu jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif sehingga memungkinkan pokok masalah akan ditemukan dengan jelasserta menghasilkan data deskriptif yang berupa pernyataan lisan atau tertulis dari objek yang diamati. Pelaksanaan metode Experiential Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Alam-Ar-Ridho
dapat dikategorikan baik, hal ini bisa dilihat dari kesesuain tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi pengalaman nyata, refleksi observasi, penyusunan konsep abstrak dan aplikasi sesuai dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Selain itu juga adanya kesesuaian tahapantahapan
pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan-tahapan yang disusun dalam RPP.
Kata Kunci: Metode, Experiential Learning, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.