Hubungan Tingkat Pengetahuan HIV/AIDS dengan Stigma HIV/AIDS Siswa SMA
Abstract
Abstrak
Pengetahuan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno
Deficiency Syndrome) merupakan faktor yang berperan dalam pembentukan stigma
terhadap HIV/AIDS, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat
pengetahuan HIV/AIDS dengan stigma HIV/AIDS pada siswa SMA. Desain
penelitian ini adalah observasional analitik melalui pendekatan cross sectional. Alat
ukur yang digunakan berupa kuesioner tertutup untuk mendapatkan data berupa
nilai pengetahuan dan stigma yang sudah dikategorikan pada siswa kelas XI SMA
Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 80 orang. Data dianalisis
menggunakan uji statistik korelasi rank spearman. Hasil penelitian mendapatkan
bahwa tingkat pengetahuan kategori rendah dimiliki 20 orang siswa (25%), cukup
19 orang siswa (23,8%), baik 41 orang siswa (51.2%) dan stigma kategori tinggi
dimiliki 4 orang siswa (5%), sedang 42 orang siswa (52,5%), rendah 34 orang siswa
(42,5%). Hasil uji korelasi rank spearman mendapatkan nilai p sebesar 0,002
(p<0,05) dengan koefisien korelasi (-0,340.) yang bermakna keeratan hubungan
lemah. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat
pengetahuan HIV/AIDS dan stigma HIV/AIDS dengan arah hubungan negatif yang
bermakna semakin tinggi tingkat pengetahuan HIV/AIDS maka semakin rendah
stigma HIV/AIDS dan begitu pula sebaliknya.
Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, Stigma, HIV/AIDS, SMA, Siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.