Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi
Abstract
Dukungan keluarga merupakan rasa empati orang tua terhadap anaknya. Dukungan keluarga berupa motivasi,bantuan serta empati yang bisa membuat sesorang tersebut merasa aman. Melihat kondisi di indonesia yang sedang mengalami Pandemi COVID-19 mahasiswa terhambat dalam proses pengerjaan skripsi karena tidak semua layanan dilakukan secara online, dan tidak bisa melakukan penelitian langsung yang berdampak pada kondisi psikologis mereka sehingga banyak mahasiswa yang mengalami kecemasan karena skripsi. Tujuan umumnya menggambarkan hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa untuk tujuan khususnya sendiri mengindentifikasi karakteristik responden, mengidentifikasi dukungan keluarga responden, mengidentifikasi kecemasan pada mahasiswa, dan menganalisis hubungan antara dukungan keluarga kecemasan pada mahasiswa. penelitian ini merupakan jenis survei analitik dengan studi cross sectional penggumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 84 responden dengan teknik total sampling, data yang diperoleh dan di olah secara statistik dengan menggunakan uji chi squar. Hasil didapatkan bahwa ada hubungan  antara dukungan keluarga  dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi (P value < 0,036).
Â
Kata Kunci : Kecemasan, dukungan keluargaÂ
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(1), 116–128.
Ali, Z. (2009). Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.
Andarmoyo, S. (2012). Keperawatan Keluarga Konsep Teori, Proses dan Praktik keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmadi. (2009). Teknik Prosedural Keperawatan Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.
Dahlan, M. S. (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan (3rd ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Dardi, S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Penyusunan Skripsi Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(1), 30–35.
Fasina, A. S., Raji, A., Oluwatosin, G. A., Omoju, O. J., Oluwadare, D. A., Zaidey, A. K., … Becker, F. G. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di fakultas kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan Unsrat Manado. International Journal of Soil Science, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.3923/ijss.2017.32.38
Febriandi. (2020). TINJAUAN COVID-19: VIROLOGI, PATOGENESIS, DAN MANIFESTASI KLINIS. 28(2), 1–43. Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Friedman, M. . (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC.
Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82. https://doi.org/10.31965/infokes.vol16.iss1.173
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah palembang. Bioeduksi, 10(1), 36–44.
Hawari, D. (2011). Pskiatri Manajemen Stress. Jakarta: FK UI.
Hidayat, A. A. (2013). Kebutuhan dasar Manusia: Aplikasi Konsep Dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Inayatul, E. S. (2018). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 385–395.
Isaacs. (2005). Keperawatan Keseharan Jiwa Psikiatri (3rd ed.; EGC, ed.). Jakarta.
Kaplan & sadok, B. J. (2010). Buku Ajar Psikiatri Klinis (II). Jakarta: EGC.
Lastri, kartika ratih pratiwi. (2014). Program Studi Ilmu Keperawatan , Fakultas Ilmu Kesehatan. Jurnal Care, 2(2), 12–14.
Lubaba. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Banat Kudus Dengan Intensitas Membaca Al-Qur’an Sebagai Variabel Moderator. (1), 1–137. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nanda. (2018). Nanda-1 Diagnosis Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2018-2020 (S. K. T. H. Herdman, ed.). Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) terhadapPsikologi dan Pendidikan serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Paul M. Muchinsky. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Dukungan Keluarga Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Potter, P. A, Perry, A. . (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep Proses, dan Praktik (4th ed.). Jakarta: EGC.
Purnawan. (2008). Konsep Dasar Keperawatan Keluarga. Jakarta: Liberty.
Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (Riskedas). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Sibua, R. U. R., & Sondang Maria J. Silaen. (2020). Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dengan Stres di tengah Pandemi Covid-19 pada Masyarakat Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4.
Situmorang, D. D. B. (2017). Mahasiswa Mengalami Acaemic Anxiety Terhadap Skripsi Berikan Konseling Cognitive Behavior Theraphy DenganMusik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 31–42.
Stuart, G. W. (2013). Psyciatric Nursing (Edisi 10). Jakarta: EGC.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Suratmi, Rukman Abdullah, M. A. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(2005), 71–76.
Yusuf, A., & Nihayati, R. F. P. H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa (F. Ganiajri, ed.). Jakarta: Salemba Medika.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v10i2.14577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â