Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Tana Toraja dalam Meningkatkan Wisatawan di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran pariwisata Tana Toraja oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja dalam meningkatkan kembali jumlah wisatawan di masa pandemi Covid-19. Dimana selama pandemi Covid-19, jumlah wisatawan di Tana Toraja sangat menurun drastis dan sangat berdampak bagi perekonomian di Kabupaten Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan pihak Dinas Pariwisata dan para wisatawan di Kabupaten Tana Toraja. Hasil penelitian ini menjelaskan komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Tana Toraja pada masa Covid-19 adalah dengan penyesuaian kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Dengan memanfaatkan berbagai media yang banyak digunakan oleh masyarakat yakni, media sosial, pemberitaan melalui media online, media cetak dan melalui relasi masyarakat untuk membagikan informasi terkini mengenai pariwisata Tana Toraja kepada masyarakat untuk terus menarik perhatian masyarakat untuk berwisata ke Tana Toraja yang dapat membantu meningkatkan jumlah wisatawan di Tana Toraja. Serta menjelaskan citra pariwisata Tana Toraja berdasarkan pandangan masyarakat saat ini, yakni sebagai kota wisata dengan beragam jenis pariwisata, yang berdasarkan jenisnya terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi hingga wisata sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Batjo, N. (2018). Penerapan Komunikasi Pemasaran Terhadap Perilaku dan Putusan Pembelian. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 1(2), 9–40.
Emzir, M., & Pd, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Raja Grafindo.
Fransisca, I. (2016). Toraja “Land of Heavenly Kings.†Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/inggrid0106/57e19368c923bdc61f0b331b/toraja-land-of-heavenly-kings
Gobel, V. S. J., Mingkid, E., & Waleleng, G. J. (2017). Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi SulawesiUtara (Studi Pada Program Kunjungan 10.000 Turis Tiongkok). VI(1).
Gunawan, I. (2010). Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Semarang.
Itamar Samsu Alam, H. A. (2014). Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(2), 91–108.
Nasution, N. H., Hidayah, A., Sari, K. M., Cahyati, W., Khoiriyah, M., Hasibuan, R. P., Lubis, A. A., & Siregar, A. Y. (2021). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(2), 47–49.
Paba, M. Y., & Rahman, A. (2019). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Objek Wisata Religi Patung Yesus Di Tana Toraja. Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya, 3(2), 28–35.
Patandean, W. I. (2019). PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA.
Rolina. (2019). KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMASARAN OBJEK PARIWISATA DI KABUPATEN SIAK TAHUN 2016-2017. 6, 12–26.
Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Sumiyati, S., & Murdiyanto, L. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 171. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.629
Sunaryo, B. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Gava Media.
Thahira, T. (2018). Media Cetak Di Tengah Perkembangan Media Digital Di Kota Palopo ( Studi Kasus Koran Cetak Seru!Ya). vi–92.
Toraja, B. K. T., & Regency, B.-S. of T. T. (2021). KABUPATEN TANA TORAJA DALAM ANGKA Tana Toraja Regency in Figures 2021. Number: 73180.2104.
Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2019). City Branding of Pangandaran District as a City of Tourism. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 63–71. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v4i1.19813
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
Wandra, Cikusin, Y., & Hayat. (2021). Wabah Corona Virus (Covid-19) (Studi Pdaa Desa Pandansaru Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5).
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i1.21691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â