PERSEPSI DAN PARTISIPASI SIVITAS AKADEMIKA PADA PELAKSANAAN PROGRAM KEHUMASAN DALAM RANGKA MENCIPTAKAN CITRA POSITIF (STUDY DESKRIPTIF KUALITATIF DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG).
Abstract
Abstrak
Keberadaan devisi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam sebuah institusi pendidikan sangat memiliki peranan yang sangat penting. Dibeberapa perguruan tinggi devisi ini sangat vital karena menjadi corong bagi masyarakat luas dalam membina hubungan baik dengan para stakeholders. Begitu juga dengan Humas di Universitas Dian Nuswantoro yang telah melakukan berbagai program dalam rangka meningkatkan citra perguruan tinggi. Penelitian ini berorientasi pada persepsi dan partisipasi sivitas akademika yang ada pada Humas Universitas Dian Nuswantoro Semarang untuk menciptakan citra positif. Target khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dan partisipasi sivitas akademika atas keberadaan Humas, sehingga dapat ditemukan hasil penelitian yang dapat menjadi rekomendasi untuk kemajuan humas dan institusi. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil signifikan dari temuan yang didapatkan sehingga bisa menjadi referensi atas program-program humas menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey di lapangan, dan instrumen penelitian menggunakan daftar pertanyaan untuk wawancara.
Kata kunci; persepsi, partisipasi, sivitas akademika, humas,citra positif
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
                                                          Abstract
The existence of division of Public Relations (PR) in a highly educational institution has a very important role. In some universities this division is vital because a mouthpiece for the wider community in fostering good relations with stakeholders. So,  the PR at the University of Dian Nuswantoro who has conducted various programs in order to improve the image of the college. This research-oriented academicians of perception and participation that exist in PR Dian Nuswantoro University Semarang to create a positive image. Specific target of this research is to determine how perceptions and participation of academicians of the existence of PR, so that research results can be found that can be a recommendation for public relations and institutional advancement. The long term goal of this study was to determine the significant results of the findings obtained so that could be a reference to the public relations programs for the better. This study used a qualitative approach with a survey method in the field, and research instruments using a list of questions for the interview.
Key word : Perception, participation, academic society, public relations, positive image
ÂÂ
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.5.1.64-75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â