Pengetahuan, Sikap, dan Keyakinan Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Geometri

Siti Rochajati, Kasni Astutik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki pengetahuan guru sekolah dasar tentang bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan (2).mengeksplorasi sikap dan keyakinan guru sekolah dasar tentang geometri dan pengajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode campuran penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tiga puluh guru sekolah dasar di wilayah kecamatan Semarang Selatan sebagai  partisipasi dalam penelitian ini dan menanggapi kuesioner yang terdiri dari item tertutup dan terbuka. Hasil temuan penelitian ini mendeskripsikan bahwa masih banyak guru sekolah dasar yang kurang memiliki pengetahuan tentang bentuk bangun datar dan bangun ruang. Temuan penelitian ini diperkuat dengan data yang menunjukkan bahwa mayoritas guru sekolah dasar tidak mendasarkan penjelasan mereka tentang bentuk geometri pada properti mereka, tetapi terutama hanya pada penampilan visual (gambar) geometris saja.  Artinya dalam hal penegtahuan geometri, guru sekolah dasar kurang menguasai definisi dan sifat-sifat tentang bentuk bagun datar. Guru sekolah dasar memegang teguh pentingnya sikap dan keyakinan yang memotivasi untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran geometri. Para guru sekolah dasar ingin belajar geometri dengan cara yang eksperiensial dan menyenangkan. Mereka ingin mengubah pengalaman ini untuk anak-anak dan menyampaikannya kepada anak-anak sehingga mereka merasa bahwa belajar itu menyenangkan.


References


Baroody, A. J., Clements, D. H., & Sarama, J. (2019). Teaching and learning mathematics in early childhood programs. In C. Brown, M. McMullen & F. N. K. (Eds.), Handbook of early childhood care and education, (pp. 329-354), Hoboken, NJ: Wiley Blackwell Publishing. https://doi.org/10.1002/9781119148104.ch15

Clarke, D., Clarke, B., & Roche, A. (2011). Building teachers’ expertise in understanding, assessing and developing children’s mathematical thinking: the power of task-based, one-to-one assessment interviews. ZDM–The International Journal on Mathematics Education, 43(6–7), 901–913. https://doi.org/10.1007/s11858-011-0345-2

Clements, D. H., & Sarama, J. (2011). Early childhood teacher education: the case of geometry. Journal of Mathematics Teacher Education, 14(2), 133-148. https://doi.org/10.1007/s10857-011-9173-0

Clements, D. H., Sarama, J., Swaminathan, S., Weber, D., & Trawick-Smith, J. (2018). Teaching and learning Geometry: early foundations. Quadrante, 27(2), 7-31.

Jolejole-Caube, C., Dumlao, B.A., &Abocejo, F.T. (2019). Anxitey Towards mathematics and mathematics Performance of Grade 2 Learner. European Journal of Education Studies. Vol. 6, (1). 1-17.

Geist, E. (2015). Math anxiety and the “math gapâ€: How attitudes toward mathematics disadvantages students as early as preschool. Education, 135(3), 328-336.

Höltge, L., Jan-Henning, E., Ulrike, H., Marcus, H. (2019).Teachers' self-efficacy beliefs regarding assessment and promotion of school-relevant skills of preschool children. Early child development and care 189 (2019) 2, S. 339-351

Kusmaryono, I., Basir, M. A., & Saputro, B. A. (2020). Ontological misconception in mathematics teaching in elementary schools. Infinity, 9(1), 15-30.

Kusmaryono, I., & Ulia, N.. (2020). Interaksi Gaya Mengajar dan Konten Matematika Sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 143 Volume 9(1), 143-144

Markovits, Z., & Forgasz, H. (2017). Prospective preschool teachers’ beliefs about mathematics before and after a mathematics teaching course. Journal of International Scientific Publication: Educational Alternatives, 15, 80-89.

Markovits, Z., & Patkin, D. (2021). Preschool In-service Teachers and Geometry: Attitudes, Beliefs and Knowledge. International Electronic Journal of Mathematics Education. 16(1), 1 – 15.

Oppermann, E., Anders, Y., & Hachfeld, A. (2016). The influence of preschool teachers’ content knowledge and mathematical ability beliefs on their sensitivity to mathematics in children’s play. Teaching and Teacher Education, 58, 174-184.

Vogt,F., Hauser, B., Stebler, R., Rechsteiner, K., & Urech, C. (2018). Learning through play – pedagogy and learning outcomes in early childhood mathematics. European Early Childhood Education Research Journal. 26(4), 589-603

Wardhani, I.S. (2019). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah . Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami. Vol.3, No.1, September 2019, hlm. 124-129 p-ISSN: 2580-4596; e-ISSN: 2580-460X




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.92-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Rochajati, Kasni Astutik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id