Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial

Rosyid Ridlo Al Hakim, Glagah Eskacakra Setyowisnu, Agung Pangestu

Abstract


Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkan
kompetensi dan cakupan pemahaman ilmu bagi siswa. Matematika merupakan queen of
science bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Seiring dengan
perkembangan teknologi, peran ilmu matematika sangat penting sebagai buah kontribusi
dari lajunya perkembangan IPTEK yang dewasa ini sudah teradaptasi dengan teknologi
terkini. Kesulitan utama siswa dalam memahami materi pembelajaran salah satunya
materi persamaan diferensial pada ilmu matematika di kelas dipengaruhi beberapa faktor,
sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran khusus yang memanfaatkan fasilitas
teknologi guna kemudahan proses pembelajaran dan pemahaman materi bagi siswa,
seperti media pembelajaran matematika materi persamaan diferensial yang berbasis
aplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran
matematika pada materi persamaan diferensial, dan media ini berbasis aplikasi Android,
sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone Android dalam memahami
materi persamaan diferensial. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan
sistem secara waterfall. Hasil berupa implementasi sistem dalam bentuk aplikasi Android
media pembelajaran materi persamaan diferensial. Aplikasi media pembelajaran
matematika materi persamaan diferensial ini dapat berjalan dengan baik pada smartphone
Android dan setiap pengujian fitur berhasil menghasilkan sesuai harapan.


References


Al Hakim, R. R. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android

Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto

Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7–13.

https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.125

Al Hakim, R. R., Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System

Application for Diagnose COVID-19 Disease : Cases Study of Banyumas Regency.

Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13.

https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media

Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga

Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Heflin, H., Shewmaker, J., & Nguyen, J. (2017). Impact of mobile technology on student

attitudes, engagement, and learning. Computers and Education, 107, 91–99.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.01.006

Hidayanti, N., Widyawati, W., Fatullah, R., & Budiono, B. (2020). Rancang bangun

aplikasi monitoring kegiatan kuliah kerja mahasiswa berbasis Android di

Universitas Banten Jaya. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(02), 267–278.

Mariko, S. (2019). Aplikasi website berbasis HTML dan JavaScript untuk menyelesaikan

fungsi integral pada mata kuliah kalkulus. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,

(1), 80–91. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.22280

McCulloch, A. W., Hollebrands, K., Lee, H., Harrison, T., & Mutlu, A. (2018). Factors

that influence secondary mathematics teachers’ integration of technology in

mathematics lessons. Computers and Education, 123, 26–40.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.008

Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pembelajaran

Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Murtafiah, W. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam

Mengajukan Masalah Persamaan Diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika), 5(2), 73. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1170

Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model

Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. In Jurnal Pendidikan

Matematika JPM RAFA (Vol. 2, Issue 1).

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1237

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2018). Educational apps from the

Android Google Play for Greek preschoolers: A systematic review. Computers and

Education, 116, 139–160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.007

Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa

Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus KKN

Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 1–7.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices

with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and

research synthesis. Computers and Education, 94, 252–275.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Volk, M., CotiÄ, M., Zajc, M., & Istenic Starcic, A. (2017). Tablet-based cross-curricular

maths vs. traditional maths classroom practice for higher-order learning outcomes.

Computers and Education, 114, 1–23.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.004

Widjajanti, K., Mustafa, L. D., & Kusumawardani, M. (2018). BANTUAN BELAJAR

MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA HANDPHONE. Jurnal Ilmiah

Edukasi & Sosial, 7(2), 155–159.

http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/71




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rosyid Ridlo Al Hakim, Glagah Eskacakra Setyowisnu, Agung Pangestu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id