Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial
Abstract
Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkan
kompetensi dan cakupan pemahaman ilmu bagi siswa. Matematika merupakan queen of
science bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Seiring dengan
perkembangan teknologi, peran ilmu matematika sangat penting sebagai buah kontribusi
dari lajunya perkembangan IPTEK yang dewasa ini sudah teradaptasi dengan teknologi
terkini. Kesulitan utama siswa dalam memahami materi pembelajaran salah satunya
materi persamaan diferensial pada ilmu matematika di kelas dipengaruhi beberapa faktor,
sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran khusus yang memanfaatkan fasilitas
teknologi guna kemudahan proses pembelajaran dan pemahaman materi bagi siswa,
seperti media pembelajaran matematika materi persamaan diferensial yang berbasis
aplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran
matematika pada materi persamaan diferensial, dan media ini berbasis aplikasi Android,
sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone Android dalam memahami
materi persamaan diferensial. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan
sistem secara waterfall. Hasil berupa implementasi sistem dalam bentuk aplikasi Android
media pembelajaran materi persamaan diferensial. Aplikasi media pembelajaran
matematika materi persamaan diferensial ini dapat berjalan dengan baik pada smartphone
Android dan setiap pengujian fitur berhasil menghasilkan sesuai harapan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Hakim, R. R. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android
Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto
Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7–13.
https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.125
Al Hakim, R. R., Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System
Application for Diagnose COVID-19 Disease : Cases Study of Banyumas Regency.
Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13.
https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga
Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Heflin, H., Shewmaker, J., & Nguyen, J. (2017). Impact of mobile technology on student
attitudes, engagement, and learning. Computers and Education, 107, 91–99.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.01.006
Hidayanti, N., Widyawati, W., Fatullah, R., & Budiono, B. (2020). Rancang bangun
aplikasi monitoring kegiatan kuliah kerja mahasiswa berbasis Android di
Universitas Banten Jaya. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(02), 267–278.
Mariko, S. (2019). Aplikasi website berbasis HTML dan JavaScript untuk menyelesaikan
fungsi integral pada mata kuliah kalkulus. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,
(1), 80–91. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.22280
McCulloch, A. W., Hollebrands, K., Lee, H., Harrison, T., & Mutlu, A. (2018). Factors
that influence secondary mathematics teachers’ integration of technology in
mathematics lessons. Computers and Education, 123, 26–40.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.008
Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pembelajaran
Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136
Murtafiah, W. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam
Mengajukan Masalah Persamaan Diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika), 5(2), 73. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1170
Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model
Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. In Jurnal Pendidikan
Matematika JPM RAFA (Vol. 2, Issue 1).
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1237
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2018). Educational apps from the
Android Google Play for Greek preschoolers: A systematic review. Computers and
Education, 116, 139–160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.007
Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa
Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus KKN
Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 1–7.
Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices
with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and
research synthesis. Computers and Education, 94, 252–275.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008
Volk, M., CotiÄ, M., Zajc, M., & Istenic Starcic, A. (2017). Tablet-based cross-curricular
maths vs. traditional maths classroom practice for higher-order learning outcomes.
Computers and Education, 114, 1–23.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.004
Widjajanti, K., Mustafa, L. D., & Kusumawardani, M. (2018). BANTUAN BELAJAR
MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA HANDPHONE. Jurnal Ilmiah
Edukasi & Sosial, 7(2), 155–159.
http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/71
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rosyid Ridlo Al Hakim, Glagah Eskacakra Setyowisnu, Agung Pangestu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id