Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan berbagai metode pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 selama penerjunan kampus mengajar 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data diperoleh dari studi pendahuluan terkait kondisi siswa dan pembelajaran, serta dokumentasi kegiatan penerapan metode pembelajaran student centered learning. Analisis data kualitatif ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data. Pada kegiatan kampus mengajar 2 di SDN Kedungpeluk 2, mahasiswa menggunakan metode student centered learning (SCL) dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu metode belajar sambil bermain, metode diskusi kelompok, metode kooperatif dan metode pembelajaran berbasis proyek. Metode SCL ini telah berhasil menimbulkan semangat dalam belajar sehingga dengan bantuan guru berhasil membuat karya kreatif.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Aini, D. N. (2018). Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu …, 4(1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466
Asip, M., Muktadir, A., & Koto, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Kelas Rendah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 83–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8689
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772
Mahliatussikah, Hanik. 2021. Pembelajaran bahasa Arab inovatif: Learning by doing. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa
Hendriyanto. 2021. Bermain Sambil Belajar, Siswa SD Praktekkan Project Based Learning.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/bermain-sambil-belajar-siswa-sd-praktekkan-project-based-learning#:~:text=Pembelajaran%20Berbasis%20Project%20Based%20Learning%20atau%20PBL%20ini%20merupakan%20metode,menghasilkan%20berbagai%20bentuk%20hasil%20belajar. diakses 20 Juni 2022
Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2013). Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE), 2, 79–88.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Jannah, I. R. (2018). Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan metode observasi terpadu peserta didik kelas X SMK PGRI pakisaji malang. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 58–65.
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Muhajang, T., & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Peserta didik. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15–22. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i2.849
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.
Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UIN Sumatera Utara Medan AL ARABIYAH, 6, 1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/7921
Nuba, K. (2018). Pengaruh pertumbuhan penduduk di desa bakalerek terhadap jumlah peserta didik SDN bakalerek melalui metode pengamatan langsung. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(9), 641–652.
Oki Setiawan, R. S. F. I. A. N. T. L. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik Kelas Viii Dengan Soal Pisa. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 291–300. https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5398
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Rochadiani, T. H., Santoso, H., & Dazki, E. (2020). Peningkatan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–21. https://jurnal.pradita.ac.id/index.php/jpm/article/view/124
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Peserta didik Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood , Understanding , Recall , Detect , Elaborate , and Review Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56.
https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721
Wajabula, C. M., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2021). Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(1), 27. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.320
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.99-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id