Analisis tingkah laku indisipliner pada siswa SD Negeri Tamansari II di masa pembelajaran dalam jaringan

Taufik Muhtarom, Mira Andika Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku indisipliner siswa di masa pembelajaran dalam jaringan, faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan tingkah laku indisipliner, dan upaya guru mengatasi siswa melakukan tingkah laku indisipliner kelas IV,V,VI SD Negeri Tamansari II Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sumber data didapatkan dari guru, orang tua, dan siswa sebagai subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulkan tingkah laku indisipliner siswa saat pembelajaran daring yaitu terlambat masuk kelas zoom/google meet, berbohong, tidak mengikuti instruksi, terlambat mengumpulkan tugas melalui whatsapp, pasif selama kegiatan pembelajaran melalui zoom/google meet, tidak mengerjakan tugas melalui whatsapp, menyontek/melakukan tindak plagiasi, dan tidak on camera zoom/google meet. Kemudian faktor yang mempengaruhi siswa bertingkah laku indisipliner saat pembelajaran daring yaitu faktor internal dari diri siswa berupa tidak fokus pembelajaran malas mengerjakan tugas, serta mengantuk saat pembelajaran. Selanjutnya faktor eksternal dari keluarga yang orang tuanya sibuk bekerja dan faktor dari lingkungan siswa menjadikan siswa terpengaruh bermain. Untuk upaya guru mengatasi tingkah laku indisipliner dengan memberikan teguran, punishment, reward, dan nasihat.

Keywords


tingkah laku indisipliner, pembelajaran daring

References


Annisa, F. (2018). Planting of Discipline Character Education Values in Basic School Students. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 107–114.

Arsaf, N. A. (2016). Faktor penyebab pelanggaran tata tertib (studi pada siswa di sma negeri 18 makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM Peserta, 02(1), 1–5.

Atmojo, S. E., Lukitoaji, B. D., & Noormiyanto, F. (2021). Thematic Learning Based on Local Culture in Implementing National Character Values in Inclusive Referral Elementary School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 845. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4256

Bradshaw, C. P., Waasdorp, T. E., & Leaf, P. J. (2012). Effects of school-wide positive behavioral interventions and supports on child behavior problems. Pediatrics, 130(5). https://doi.org/10.1542/peds.2012-0243

Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Mustadi, A. (2019). Analysis of writing mistakes in university student’s essay. 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 71–76.

Hevi, R. pan. (2018). Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas IV dan V DI SD N Punukan Kabupaten Kulonprogo. 1–96.

Ismiyanti, Y. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media visual Di kelas IV SDN 02 temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6.

Ismiyanti, Y. (2018). Pengaruh minat dan kedisiplinan terhadap nilai uas ips di sdn 02 temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 34–43.

Ismiyanti, Y., Prajanti, S. D. W., Utomo, C. B., Handoyo, E., & Cahyaningtyas, A. P. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Kemandirian terhadap Keterampilan Berwirausaha. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 420–425.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900

Jacobsen, W. C. (2017). Punishment and Inequality at an Early Age: Exclusionary Discipline in Elementary School. Physiology & Behavior, 176(1), 139–148. https://doi.org/10.1093/sf/soy072.Punishment

Manggoa, M. R. P. W. M. A., & Blegur, J. (2016). PERILAKU INDISIPLINER PESERTA DIDIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR. In Prosiding Seminas Nasional Psikologi Indigenous Indonesia Kebhinekaan dan Masa Depan Indonesia: Peran Ilmu Sosial dalam Masyarakat (p. 812).

Muhtarom, T. (2016). KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGENYAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH INKLUSI. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2 (2), 117, 1–23.

Mukhasin, M., & Andriani, A. (2021). The Influence of Used WhatsApp Group in Online Learning to Student Discipline at Elementary School. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 76. https://doi.org/10.30595/dinamika.v13i2.11550

Ni’mah, ‘Umdatun, & Setyawan, D. A. (2021). ONLINE LEARNING : ANALISIS FAKTOR PENURUNAN DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 ‘ Umdatun Ni ’ mah Institut Agama Islam Negeri Kudus David Ari Setyawan Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disebut dengan Covid-19 telah menjadi pandemi. Jurnal Paedagogia, 10(1), 33–48.

Nita Madhav, Ben Oppenheim, M. G., & Prime Mulembakani, Edward Rubin, and N. W. (2017). Pandemics: Risks, Impacts, and Mitigation. In Disease Control Priorities, Third Edition (Volume 9): Improving Health and Reducing Poverty. https://doi.org/10.1596/978-1-4648-0527-1

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Parental Engagement in Children’s Online Learning During COVID-19 Pandemic. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 3(2), 117. https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i2.7845

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38–49.

Pratiwi, A., Darmiany, D., & Setiawan, H. (2021). Character education values: is learning process in elementary school implement it? Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 267. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4374

Putri, N. (2018). Analisis Tindak Indisipliner Siswa Smp Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 122–128. https://doi.org/10.17977/um025v2i22018p122

Rahmawati, S., & Wardani, S. (2021). Penguatan Karakter Moral Siswa Berbasis Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 83–95.

Rauf, D. M. (2015). Peran Guru dalam Mengatasi Siswa yang Indisipliner Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. 1–13.

Sari, jinny R. (2020). Perilaku Indisipliner Pada Siswa Dalam Melaksanakan Tata tertib Sekolah di SMPN 17 Kota Jambi. 11–20.

Srimulyani, Y. B. H. dan V. A. (2021). Challenges of Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Gandhara Medical and Dental Science, 8(2), 1. https://doi.org/10.37762/jgmds.8-2.215

Sudaryono, S., & Aryani, I. K. (2021). School Policy in Improving Discipline Character of Elementary School Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 101.https://doi.org/10.30595/dinamika.v13i2.11554

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160.

Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32–47.

Unger, S., & Meiran, W. (2020). Student Attitudes Towards Online Education during the COVID-19 Viral Outbreak of 2020: Distance Learning in a Time of Social Distance. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 256–266. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.107

Wardhani, N. W. (2021). The Effectiveness of Distance Learning for Elementary School. Proceedings of the 5th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2020), 479(Pfeic), 114–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201015.018




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.2.72-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id