PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA
Abstract
Penggunaan smartphone sejak dini menyebabkan terjadinya addiction pada remaja sehingga memicu munculnya perilaku agresif pada remaja dikarenakan kurangnya kemampuan remaja dalam mengelola informasi yang didapatkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah smartphone addiction memiliki kontribusi dalam mempengaruhi munculnya perilaku agresif pada remaja. Responden dalam penelitian ini berjumlah 290 orang yang berusia 15-20 tahun dengan lama penggunaan smartphone > 5 jam dalam sehari. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pada penelitian ini smartphone addiction sebagai variabel (X) yang diukur dengan skala smartphone addiction dengan reliabilitas sebesar 0.943. Sedangkan, untuk mengukur perilaku agresif sebagai variabel (Y) dengan skala perilaku agresivitas dengan nilai reliabilitas 0.779. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dengan hasil yang menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari smartphone addiction terhadap perilaku agresif pada remaja (B = 0.236) dengan taraf signifikan p=0.000Â yang berarti terdapat pengaruh smartphone addiction terhadap perilaku agresif. Maka, dapat dijelaskan bahwa penggunaan smartphone yang berlebih hingga menyebabkan adiksi dapat memicu munculnya perilaku agresif pada remaja. Berdasarkan hasil penelitian, smartphone addiction memiliki kontribusi sebesar 14.2% terhadap perilaku agresif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aljomaa, S. S., Al.Qudah, M. F., Albursan, I. S., Bakhiet, S. F., &
Abduljabbar, A. S. (2016). Smartphone addiction among university students in the light of some variables. Computers in Human Behavior, 61, 155–164. doi:10.1016/j.chb.2016.03.041.
Ambarwaty, U.D. (2018). Pengaruh kontrol diri, kesepian dan sensation seeking terhadap kecanduan smartphone pada remaja. (Tesis dipublikasikan). Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Apriyanti, M.F., & Harmanto, H. (2015). Perilaku agresif remaja yang gemar bermain game online (studi kasus di keluarahan ngagel rejo kecamatan wonokromo surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2, 994-1008.
Aziz, R., Mangestuti, R. (2006). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap agresivitas pada mahasiswa UIN Malang. El-Qudwah: Jurnal Penelitian Integrasi Sains dan Islam, 1, 70-84.
Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal Of Personality And Social Psychology, 63, 425-459.
Cho, H.Y., Kim, D. J., & Park, J.W. (2017). Stress and adult smartphone addiction : Mediation by self-control, neuroticism, and extraversion. Stress and Helath. doi: http://doi.org/10.1002/smi.2749.
Dini, F.O., & Indrijati, H. (2014). Hubungan antara kesepian dengan perilaku agresif pada anak didik di lembaga permasyarakatan anak blitar. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3. 30-36.
Fauzi, A., Apriliyanti, T.E., Khoir, M., & Hamu, A. H. (2020). Indikasi kecanduan smartphone pada remaja di surabaya. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8, 116-120.
Hijrianti, U.R., & Amalia, S. (2019). Development of measurement tool of smartphone-addicted indication for middle-aged children. 4th ASEAN Conference on Psychology Counselling, and Humanities (ACPCH-18), 304, 322-325. doi:10.2991/acpch-18.2018.78.
Hutomo, M.R., & Ariati, J. (2017). Kecenderungan agresivitas remaja ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMP Di semarang. Empati, 5, 776-779.
Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3, 68-74.
INews.id. (2019). Siswa smp di Gunungkidul datangi sekolah bawa sabit ancam, guru. jateng.sindonews.com/berita/8759/1/siswa-smp-di-gunungkidul-datangi-sekolah-bawa-sabit-ancam-guru. Diakses 29 Januari 2020 jam 19.00 WIB.
Khasanah, M. (2019). Studi kasus dampak penggunaan smartphone yang tidak proporsional terhadap perilaku tantrum anak usia 2 tahun-12 tahun di dampak Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. (Skripsi dipublikasikan), Fakultas Psikologi Univeritas Pancasakti, Tegal.
Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The smartphone addiction scale: Development and validation of a short version for adolescents. PloS one, 8(12), e83558.
Kwon, M., Lee, J.Y., Won, W.Y., Park, J.W., Min, J.A., Hahn, C.,... Kim, D.J. (2013). Development and validition of a smartphone addiction scale (SAS). Plos One, 8, 1-7.
Lee, C., & Lee, S.-J. (2017). Prevalence and predictors of smartphone addiction proneness among Korean adolescents. Children and Youth Services Review, 77, 10–17. doi:10.1016/j.childyouth.2017.04.002.
Lee, J., Sung, M. J., Song, S. H., Lee, Y. M., Lee, J. J., Cho, S. M., ... & Shin, Y. M. (2018). Psychological factors associated with smartphone addiction in south korean adolescents. The Journal of Early Adolescence, 38, 288-302.
Miura, P., & Rukmini, E. (2016). Adiksi smartphone dan faktor-faktor yang memengaruhinya pada penumpang Transjakarta. Jurnal Perkotaan, 8, 1-11.
Musthafa, A. E., Ulfa, N. S., Herieningsih, S. W., & Pradekso, T. (2015). Pengaruh intensitas bermain game online dan pengawasan orang tua terhadap perilaku agresif anak. Interaksi Online, 11. 1-13.
Palinoan, E.L. (2015). Pengaruh konformitas dengan agresivitas pada kelompok geng motor di Samarinda. Ejournal Psikologi, 4, 79-94.
Pitaloka, A.A. (2013). Perilaku konsumsi game online pada pelajar (Studi Fenomenologi tentang perilaku konsumsi game online pada pelajar di kelurahan Gemolong, kabupaten Sragen tahun 2013). Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3.
Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi tentang perilaku agresif siswa di sekolah. Konselor, 2. 243-249.
Santrock, John W. (2011). Life span development jilid 1 edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga.
Septiani, Y. A., & Adiyanti, M. G. (2017). Art therapy berbasis cbt untuk menurunkan agresivitas anak korban kekerasan dalam rumah tangga (art therapy based on cbt to reduce aggressiveness of child victims of domestic violence). Jurnal Psikologi Indonesia, 12, 105-117.
Siddiqah, L. (2010). Pencegahan dan penanganan perilaku agresif remaja melalui pengelolaan amarah (anger management). Jurnal Psikologi , 50-64.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susantyo, B. (2018). Faktor-faktor determinan penyebab perilaku agresif remaja di permukiman kumuh di kota Bandung. Sosio Konsepsia, 6I, 1-17.
Yanti, F.D.R. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap sosial dan spiritual siswa di MA Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo. (Skripsi dipublikasikan). Faultas Psikologi UIN Sunan Ampel, Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.2.182-191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.