KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN DENGAN PENYELESAIAN MASALAH PADA GENERASI Z

Sita Riska Ferdiana, Susatyo Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kemandirian dengan penyelesaian masalah pada generasi Z. Subjek penelitian ini adalah generasi Z berusia 18-24 tahun berdomisili di Jawa Tengah. Hipotesis mayor N = 0,05 (p<0,5) pada penelitian ini terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian dengan penyelesaian masalah pada generasi Z. Hipotesis minor dalam penelitian ini terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan penyelesaian masalah pada generasi Z dan terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan penyelesaian masalah pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Metode analisis data adalah Multiple Linier Regression. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian dengan penyelesaian masalah sebesar F = 94.424 sig 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 48,60%. Sehingga hipotesis penelitian ini terbukti, yaitu (r) = 0,563 dan sig (1-tailed) 0,000 ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan penyelesaian masalah pada generasi Z, serta (r) = 0,650 dan sig (1-tailed) 0,000 terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan problem solving pada generasi Z. Hal ini menunjukkan bahwa kedua hipotesis minor dapat diterima.

Keywords


kecerdasan emosional, kemandirian, problem solving

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. (2000). A taxonomy for learning, teaching, and assesing (a revision of bloom"s taxonomy of educational objectives, abridged edition). Newyork: Longman Inc.

Anugraheni, I. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menumbuhkan berpikir kritis melalui pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261–267. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.197

Amalia, W. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaikan maslah pada siswa sma aisyiyah 1 palembang. Skripsi Sarjana 1-93. Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi distance learning di masa pandemi covid 19 terhadap kecerdasan emosional anak di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.803

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (n.d.). Generasi z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya jawa. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media.

Coleman, J. C. & Hammen, C. L. (1974). Contemporary psychology and affective behavior. Glenview: Scott Foresman and co.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa smp yang menggunakan pendekatan creative problem solving. Teorema, 2(2), 85. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1070

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Goleman, D. (1999). kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Emotional intelegence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gagne, R. M. & Briggs, L. J. (1979). Principles of instructinal design second edition. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Heppner, P & Peterson, C. (1982). The development and implications of a personal problem-solving inventory. Journal of Counseling Psychology, 29(1), 66-75.

Hendra, D. A. (2016). Correlation between emotional intelligence and problem solving skill of health students of faculty of health students of faculty of medicine universitas hasanuddin. Nursing Journal 3(1), 22–30.

Irawati, D. (2018). Hubungan kecerdasan emosional (emotional quotient) dengan kemampuan pemecahan masalah materi asam basa kelas xi sma negeri 1 telaga. Skripsi. Fakultas Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo.

Jateng, K. (2022, Maret 30). Kompas TV. Retrieved Agustus 6, 2022, from Kompas TV: https://www.kompas.tv/article/275325/pelaku-kekerasan-dipicu-problem-solving-yang-rendah

Kintana. (2019). Efektivitas problem solving dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di sma ngeri 9 banda aceh. Skripsi. UIN Ar-Rainy Banda Aceh.

Maulidya, A. (2018). Berpikir dan problem solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381

Merrill, K., Smith, S., Cumming, M., & Daunic, A. (2017). A review of social problem-solving interventions: past findings, current status, and future directions. Review of Educational Research, 87 (1), 71-102.

Patton, P. (1998). EQ (emotional intelligence) di tempat kerja. Jakarta: Pustaka Delaprasa.

Putri, F. S. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas xi is sma negeri 3 magelang. Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Semarang.

Putri, M. S. (2020). Hubungan antara kemandirian dan problem solving pada remaja. Skripsi, 1-114.

Rakhmat. (2001). Psikologi komunikasi. Bandung: PT remaja rosdakarya.

Rokhmiati, E., & Ghanesia, H. (2019). Tantrum pada anak usia pra sekolah. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), 92. https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.309

Pratiwi, (2022, Maret 11). CNN Indonesia. Retrieved Agustus 6, 2022, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220310191005-20-769611/wapres-maruf-minta-kampus-tak-hasilkan-lulusan-cuma-paham-teori

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa sma negeri 3 tangerang selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735

Salamun. (2005). Kecerdasan emosi menstabilkan diri individu. www.my-school-net.com.

Widiantari, F. (2010). Kontribusi kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada remaja. Tesis (tidak diterbitkan). Depok: Universitas Gunadarma

Yunita, F. (2010). Hubungan antara tingkat kemandirian dengan keterampilanpemecahan masalah pada remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Surabaya: Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.90-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat