KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBIMBING AKADEMIK

Titin Suprihatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap bimbingan akademik yang diterima. Bimbingan akademik mencakup dua model layanan, model perkembangan (developmental) dan model preskriptif atau bersifat menentukan. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 373 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau skala bimbingan akademik (academic advising inventory) yang diadaptasi dari Winston & Sador (2002). Skala persepsi mahasiswa terhadap bimbingan akademik terdiri dari 14 aitem. Skor rendah pada skala (14-56) mengindikasikan bimbingan model prescriptive yang diterima oleh mahasiswa, sedangkan skor tinggi (57-112) mengindikasikan bimbingan model developmental. Uji reliabilitas terhadap skala 1 diperoleh alpha Cronbach = 0,684. Skala kepuasan terhadap bimbingan akademik terdiri dari 5 aitem. Uji reliabilitas terhadap skala ini diperoleh alpha Cronbach = 0,742. Hasil uji beda menggunakan t-test diperoleh nilai t=5.411 dengan signifikansi α =0.000 (p<0,001) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan terhadap bimbingan akademik antara model developmental dan prescriptive. Kata Kunci: Bimbingan Akademik, Model perkembangan, Model Preskriptif, Kepuasan Mahasiswa

Keywords


Bimbingan Akademik; Model perkembangan; Model Preskriptif; Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.11.1.36-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat