Studi Deskriptif mengenai Kemampuan Persepsi Visual Anak usia 3-5 tahun
Abstract
Kemampuan persepsi visual merupakan dasar bagi seorang anak untuk dapat mengikuti proses akademis di sekolah. Kemampuan persepsi visual ini akan menunjang anak menguasai ketrampilan membaca, menulis, dan berhitung dengan tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan perseptual anak berdasarkan hasil tes Frostig yang mengungkap kemampuan koordinasi visual motorik, persepsi terhadap bentuk, keajegan bentuk-bentuk tertentu dalam berbagai ukuran, pengenalan bentuk dalam berbagai posisi, dan hubungan antar ruang. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Subyek dalam penelitian ini sejumlah 47 anak berusia antara 3,8 tahun sampai 5,9 tahun yang berasal dari 2 Taman Kanak-Kanak yang berada di Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 47 anak, 19 (40,43%) anak memiliki kemampuan perseptual di bawah rata-rata dan 28 (59,57%) anak memiliki kemampuan perseptual di atas rata-rata.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.11.1.55-64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.