Politeknik Negeri Bandung - Indonesia
Kajian Kondisi Fisik Terminal Leuwipanjang Berdasarkan Persepsi Penumpang
Leuwipanjang terminal is a passenger terminal serving AKDP and AKAP. UPTD Terminal is required to provide convenient facilities for passengers during activities within the Terminal. Physically, terminal facilities cover two important aspects of maintenance and availability of terminal facilities. Therefore, to know the physical performance of the terminal, conducted a review of the results of maintenance and service. This study aims to determine the perception of passengers on the maintenance results by UPTD Terminal and Terminal physical facilities services. The research method used is descriptive research method. While the data collection techniques used include observation and questionnaires. Analysis of data processing using descriptive analysis and theoretical comparison analysis. From the result of research, it can be concluded that the study of maintenance activity is considered not good. While the study of terminal services is considered quite good. In this regard, it is necessary to improve the quality of cleanliness and the quality of the room, as well as to review the terminal services by creating safety, security, reliability and regularity, convenience, convenience or affordability, and equity.
Key Word: Passenger terminal, physical condition of the building, maintenance activities, terminal services
Terminal Leuwipanjang merupakan terminal penumpang yang melayani AKDP dan AKAP. UPTD Terminal dituntut untuk menyediakan sarana yang nyaman untuk penumpang selama berkegiatan di dalam Terminal. Secara fisik, sarana terminal mencakup dua aspek penting yakni hasil pemeliharaan dan ketersediaan fasilitas terminal. Oleh karena itu untuk mengetahui kinerja fisik terminal, dilakukan kajian terhadap hasil pemeliharaan dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penumpang terhadap hasil pemeliharaan oleh UPTD Terminal dan pelayanan fasilitas fisik Terminal. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dan kuesioner. Analisis pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis perbandingan secara teoritis. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kajian terhadap kegiatan pemeliharaan dinilai kurang baik. Sedangkan kajian terhadap pelayanan terminal dinilai cukup baik. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan peningkatan kualitas kebersihan dan mutu ruangan, serta upaya mengkaji pelayanan terminal dengan menciptakan keselamatan, keamanan, keandalan dan keteraturan, kenyamanan, kemudahan atau keterjangkauan, serta kesetaraan.
Kata Kunci: Terminal penumpang, kondisi fisik bangunan gedung, kegiata pemeliharaan, pelayanan terminal
- Abubakar. (1996) Menuju Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
- Adisasmita, Sakti. (2012). Perencanaan Infrastruktur Transportasi Wilayah. Makasar: Graha Ilmu
- Angestiwi, Tiafahmi. (2013) Kinerja Terminal Leuwipanjang Terhadap Pergerakan Kota Bandung. Thesis di Universitas Diponegoro
- Anonim. (2007). Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.
- Anonim, (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung
- Anonim. (2009). Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
- Anonim. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.
- Anonim. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.
- Blow, Christoper. (2005). Terminals and Modal Interchanges. Oxford:Architectural Press
- Campbell, John. (2011). Asset Management Excellence. United State: CRC Press
- Hariyono, Arik. (2007). Prinsip dan Teknik Manajemen Kekayanaan Negara. Jakarta: Departemen Keuangan Republik Indonesia Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Pusdiklat Keuangan Umum
- Harvey dan Swith. (1997). Modelling the Impact of Customer-Employee Relationship, University Of Central England, Birmingham
- Morlok, Edward. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi..Jakarta: Erlangga
- Sugiama, Gima. (2008). Metode Riset. Bandung:Guardaya Intimarta
- Seshadhri, Gopikrishnan Paul, Virendra Kumar. (2017). User requirement related performance attributes for government residential buildings. Journal of Facilities Management, Vol.15 Nomor: 4 hal.409-422