Analisis Fisik Penggunaan Jalur Pedestrian Sebagai Fasilias Publik Studi Kasus: Jalur Pedestrian di Penggal Jalan Pengeran Diponegoro, Kenari, Senen, Jakarta Pusat

Malik Al Karim*  -  Universitas Indonesia sebagai Mahasiswa Magister KPP Staf Pusat Teknologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Indonesia

(*) Corresponding Author
Makalah ini bertujuan untuk melihat kondisi penggunaan jalur pedestrian penggal jalan Diponegoro, Jakarta Pusat yang mempunyai berbagai macam karakteristik, mulai dari jalur pedestrian yang sudah dilakukan pelebaran, jalur pedestrian yang sempit, dan jalur pedestrian yang banyak mengalami kerusakan kondisi fisik. Pada dasarnya jalur pedestrian harus bisa diakses secara aman oleh semua orang termasuk penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hanya penggal jalan Pengeran Diponegoro depan RSCM yang bisa diakses oleh semua orang secara aman, Sedangkan jalur pedestrian disisi lainnya masih banyak hambatan, mulai dari kondisi fisik jalur pedestrian yang rusak sampai penggunaan jalur pedestrian oleh pengendara motor yang melintas pada jalur pedestrian
  1. INRIX Global Traffic Scorecard INRIX Research Graham Cookson & Bob Pishue February 2017
  2. Jacobs, Jane. (1961). Chapter 2 : The Use Of Sidewalks : Safety. The Death and Life of Great American City. New York : Vintage.
  3. LeGates, RT, & Stout, F. (2016). The City Readers Sixth Edition. Routledge Press: London.
  4. Lynch, Kevin, (1981). A Theory of Good City Form. The M.I.T. Press. Cambridge, Massachusetts.
  5. Lynch, Kevin. (1960), The Image Of The City, The MIT Press, Cambridge, Massachusetts.
  6. Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran RI Tahun 2009, No. 2. Jakarta: Sekretariat Negara.
  7. World Health Organization (2013). Pedestrian safety: a road safety manual for decision-makers and practitioners. Geneva: World Health Organization (WHO)
  8. Yunus, H. S. (2012). Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  9. http://industri.bisnis.com/read/20140919/98/258593/angka-kecelakaan-pejalan-kaki-sumbang-30-korban-laka-lantas diakses pada 27 Januari 2018
  10. http://www.viva.co.id/berita/metro/795744-pemprov-dki-bakal-perlebar-trotoar-hingga-14-meter diakses pada 27 Januari 2018

Jurnal Planologi
Published by Pusat Studi Planologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, in collaboration with Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia.
Jl. Kaligawe Raya KM. 4 Semarang, Indonesia
Phone: +6212345678
Email: jurnalplanologi@unissula.ac.id

View My Stats

e-ISSN: 1829-9172

p-ISSN: 2615-5257

DOI : 10.30659/japs

Creative Commons License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps