Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh menulis ekspresif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Test Post-Test control group design, sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok secara random assignment yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam kelompok eksperimen berjumlah 14 dan kelompok kontrol sejumlah 11 mahasiswa. Sesi menulis ekspresif dilakukan sebanyak 4 sesi. Skala yang digunakan dalam penelitian yaitu Skala Kesejahteraan Psikologis Ryff dan Skala DASS 42. Skala Kesejahteraan Psikologis Ryff terdiri dari 38 aitem dan Skala DASS 42 terdiri dari 42 aitem. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples T- Test dalam menganalisis gain score antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta Uji Paired Samples Test untuk menguji perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan antara gain score eksperimen dan kelompok kontrol setelah mendapat Pelatihan Menulis Ekspresif menggunakan Skala Kesejahteraan Psikologis Ryff yaitu Sig. (2 tailed) 0,039 < 0,05. Â Sementara hasil Uji Paired Samples T-Test pada kelompok eksperimen untuk menguji skor pretest dan posttest diperoleh p =0,127 > 0,05 Sig (2 tailed). Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi Pelatihan Menulis Ekspresif. Hasil penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa menulis ekspresif meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa.
Kata kunci: kesejahteraan psikologis, menulis ekspresif
Full Text:
Download PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13063
Refbacks
- There are currently no refbacks.