Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Konformitas Kelompok dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Bidikmisi UNISSULA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan
konformitas kelompok dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Bidikmisi
Unissula Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa penerima
beasiswa Bidikmisi Unissula Semarang dengan sampel 79 responden pada uji coba
penelitian dan 148 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Terdapat 3 skala yang digunakan
sebagai alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala perilaku konsumtif dengan
koefisien reliabilitas 0,878, skala kepercayaan diri memiliki koefisien reliabilitas
sebesar 0,877 dan skala konformitas kelompok dengan koefisien reliabilitas 0,817.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan korelasi
parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan nilai R = 0,545 dan Fhitung= 30,349
dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01), yang artinya kepercayaan diri mampu
memrediksi perilaku konsumtif pada mahasiswa Bidikmisi Unissula secara signifikan.
Hasil uji korelasi parsial antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif
menunjukkan nilai rx1y= -0,335 dengan signifikansi p=0,000 (p<0,01), artinya
terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan
perilaku konsumtif pada mahasiswa Bidikmisi Unissula. Hasil uji korelasi parsial
antara konformitas kelompok dengan perilaku konsumtif menunjukkan nilai rx1y= 0,139
dengan
signifikansi
p=
0,095
(p>0,01)
yang
artinya
tidak
ada
hubungan
antara
konformitas
kelompok dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Bidikmisi
Unissula.
Kata kunci: perilaku konsumtif, kepercayaan diri dan konformitas kelompok.
Full Text:
download PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v3i0.18874
Refbacks
- There are currently no refbacks.