HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK NEGERI PEMBINA LOMBOK BARAT 2017

Ni putu intan suskandeni, Indah wasliah, Kusniyati Utami

Abstract


Pola asuh orang tua adalah bagaimana orang tua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan anak dalam mencapai norma-norma yang diharapkan masyarakat pada umumnya, dampak negatif pola asuh yang tidak tepat adalah anak akan tumbuh menjadi remaja yang tidak terkontrol. Anak memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pergaulan bebas yang pada akhirnya merugikan pihak anak dan orangtua. Dampak negatif pola asuh ini juga akan membuat anak memiliki kemampuan komunikasi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina Lombok Barat Tahun 2017. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Lombok Barat pada bulan April-Mei 2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 60 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pola asuh orang tua. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia pra sekolah yang bernilai positif di TK Negeri Pembina Lombok Barat Tahun 2017 dengan nilai signifikansi 0,002 (p<0,05). Adanya hasil penelitian ini diharapkan agar orang tua lebih meningkatkan sikap positif dalam rangka mendidik dan menerapkan pola asuh yang tepat kepada anak-anaknya.
 
Kata Kunci : Pola Asuh, Kemandirian, Usia Prasekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.