Pengembangan Lintasan Belajar pada Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan dengan Pendekatan Realistik
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan desain lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik pokok bahasan perbandingan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan lintasan belajar dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik agar kualitas pembelajaran meningkat. Penelitin ini menggunkn model Gravemeijer &
Cobb design research terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik yang dikembangkan sudah valid baik dari aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan maupun kontekstual dengan nilai 0,82 atau 82% dengan kategori sangat valid. Dan juga sudah memenuhi kriteria praktis baik dari aspek ketertarikan, materi, bahasa dan motivasi dengan nilai 0,82 atau 82% dengan kategori sangan praktis. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami konsep perbandingan, konsep perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.