KEBUTUHAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PENDIDIKAN TINGGI
Abstract
Penelitin ini dilaksanakan untuk menganalsis kebijakan Program Kampus Merdeka serta manfaat dari program tersebut bagi perguruan tinggi. Penelitian ini berusaha mengungkap apa saja yang didapatkan oleh semua pihak perguruan tinggi yang terlibat, baik itu mahasiswa, dosen maupun perguruan tinggi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literature/studi kepustakaan. Pengumpulan data diambil berdasarkan hasil pencarian kata kunci (merdeka belajar, kampus merdeka, IKU) di berbagai sumber referensi daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) adalah salah satu bentuk implementasi Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-2 yang menyebutkan “mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.†Hal ini jelas sangat membantu perguruan tinggi dalam penilaian IKU.Selain itu, MBKM juga membantu mensukseskan pemenuhan IKU ke-1 (lulusan mendapat pekerjaan yang layak) dan IKU ke-3 (Dosen berkegiatan di luar kampus). Lebih jauh lagi, program tersebut juga menambah poin
dalam akreditas sejak dicanangkannya kebijakan Kampus Merdeka dengan ketentuan minimal 30% mahasiswa mendapat minimal 20 sks di luar program studi. Akhirnya, program MBKM telah membawa imbas yang sangat positif bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.