Konformitas dan Kontrol Diri Sebagai Prediktor Pembelian Impulsif Merchandise Pada Penggemar Boyband Korea BTS Di Aplikasi X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, K. A. (2021). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap impulsive buying melalui toko online pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Andina, A. N. (2019). Hedonisme berbalut cinta dalam musik K-Pop. 1.
Aqshafa, B., Matulessy, A., & Rina, A. P. (2023). Kesadaran akan dampak kontrol diri terhadap impulsive buying pada penggemar Kpop. Jiwa: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 337–342.
Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity worship dan Impulsive buying pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845
Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi edisi kedua. Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi: Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2022). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 3). Pustaka Belajar.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed.). Erlangga.
CNN. (2024). ARMY Siap borong jutaan belanja di BTS POP-UP MONOCHROME IN Jakarta. 9 Mei. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240509125106-277-1095754/army-siap-borong-jutaan-belanja-di-bts-pop-up-monochrome-in-jakarta
Ella Fransiska Sarazwati, & Putri, E. I. E. (2024). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada penggemar Stray Kids. INCARE : International Journal of Educational Resources, 5(1).
Ernayanti, N. M. D., & Marheni, A. (2019). Peran konformitas teman sebaya dan self monitoring terhadap impulsive buying pada remaja madya putri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 000, 226–236.
Eshasiwi, Y. W. (2015). Hubungan Trait Big-Five Personality dan harga diri terhadap konformitas teman sebaya. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(4), 424–432. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3882
Faradilla, D. (2020). Kontrol diri dengan ketergantungan internet pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 590. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5565
Fauzi, A. K. P. (2024). Hubungan antara kontrol diri dengan pembelian impulsif pakaian pada mahasiswi yang melakukan pembelian secara online. Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities (IJBITH), 01.
Fithriyani, S. A., Ratnaningtyas, A., & Prihandini, G. R. (2022). Perilaku Impulsive Buying pada Mahasiswi Pengguna E-Commerce Shopee Ditinjau dari Kontrol Diri. JCA of Psychology, 3(01), 66–72.
Hagger, M. S., Wood, C., Stiff, C., & Chatzisarantis, N. L. D. (2010). Ego Depletion and the Strength Model of Self-Control: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin, 136(4), 495–525. https://doi.org/10.1037/a0019486
Hurlock, E. B. (1999). Adolescent development. McGraw-Hill Kogakusha.
Irawan, N. A., Wulansari, R. D., & Kuntari, S. (2024). Konsumsi Tanda pada Merchandise K-Pop (Studi Kasus Mahasiswa Penggemar K-Pop di Jurusan Pendidikan Sosiologi UNTIRTA). Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(1), 309–317. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2026
Loudon, D.L. & Bitta, A. J. (1993). Consumen Behavior:concepts and applications.
Maghfirah, S. P., & Lestari, S. (2023). Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Ibu. 1–18.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Erlangga.
Muharsih, L., & Iskandar, P. M. (2022). Mengenali Impulsive Buying Behavior. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP), 1526–1532. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/view/2599%0Ahttps://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/2599/1710
Muzammil, I. F. S., Utami, A. B., & Rista, K. (2023). Impulsive buying pada perempuan dewasa awal: Bagaimana peranan self-control? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 385–394.
Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Salemba Humanika.
Ni Made Febriana Sara Dwiyanti, Ida Bagus Gde Pujaastawa, & Ida Ayu Alit Laksmiwati. (2023). Pengaruh Budaya Pop Korea terhadap Gaya Hidup Remaja di Kota Denpasar, Bali. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 162–170. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1357
Nofitriani, N. N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Bogor. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 53–65.
Nurhidayah, Juwariah, T., & Prihastanti, M. A. (2017). The Corelation Of Conformity With Consumptive Beehaviour In Young Women Of XI Class Senior High SChool 2 Trenggalek. Jurnal Nusantara Medika, 1(2), 130–140.
Park, H. H., Jeon, J. O., & Sullivan, P. (2015). How does visual merchandising in fashion retail stores affect consumers’ brand attitude and purchase intention? International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 25(1), 87–104. https://doi.org/10.1080/09593969.2014.918048
Putri, N. R. A. (2019). HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Rahayu, S. D. (2024). ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME DAN LOYALITAS PENGGEMAR K-POP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP (Studi Kasus pada Komunitas Army Purwokerto). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PUWOKERTO.
Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid dalam Masa Pandemi COVID-19 di SMK X Kota Bekasi. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135–153.
Rochim, A. A., Muhid, A., Fanani, A., Mustika, I., & Muharram, F. S. (2022). Shopping Lifestyle Dan Customer Value Terhadap Impulsive Buying Produk Hijab Syar’I Anggota Pengajian Muslimah Azzahra. Indonesian Psychological Research, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.582
Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189–199.
Sahidin, M., & Insan, I. (2022). Pengaruh Konformitas Terhadap Impulsive Bullying Pada Mahasiswa Baru 2021 di Asrama Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 5(2), 109–114. https://doi.org/10.36761/jp.v5i2.2118
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak jilid 1. Erlangga.
Sarajwati, M. K. A. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/
Sari, F., & Handayani, N. S. (2019). Kontrol Diri Dan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Remaja Penggemar K-Pop. Jurnal Psikologi, 12(2), 179–188. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2442
Sarwono, S. W. (2005). Psikologi Remaja. Raja Grafndo Persada.
Sarwono, S. W. (2016). Psikologi remaja. Rajawali pers.
Sawal, L., Rudin, A., Oleo, U. H., & Diri, K. (2022). Jurnal Attending Volume 1 Nomor 3 , Oktober 2022 Jurnal Attending Volume 1 Nomor 3 , Oktober 2022. 1, 385–392.
Sears, D. O., L, J., Freedman, & Peplau, L. A. (1985). Psikologi Sosial : Jilid 2. Erlangga.
Sidarsi, K. P., & Putra, K. E. S. (2024). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Impulsif Produk Skincare Pada Mahasiswi Pengguna Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 267–276.
Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado Frulyndese K. Simbar Nim 120817007. Holistik, 18, 2.
Solomon, M. R., & Rabolt, N. J. (2009). Perilaku konsumen (2nd ed.). Pearson.
Sriyanti, L. (2012). Pembentukan Self Control dalam Perspektif Nilai Multikultural. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., Sears, D. O., & Tri Wibowo, B. S. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas (12th ed.). Kencana Prenada Media.
Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana.
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423
Vika Azkiya Dihni. (2021). Twit Soal K-Pop Capai 7,5 Miliar dalam Setahun Terakhir.
Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Exero:Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2110
Yunus Ahmad, M., Irwan, I., Ruhamah, R., Jannah, N. I., Hasanah, I., & Fadlul Arabi, R. (2024). Fenomena Korean Wave pada Kehidupan Mahasiswa di Kota Banda Aceh. Jurnal Adabiya, 26(1), 110. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21626
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.