Pengaruh Autonomous Sensory Meridian Response (Asmr) Terhadap Penurunan Tingkat Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh ASMR terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang dari berbagai fakultas. Instrumen penelitian ini adalah skala DASS-42 yang dibuat oleh Lovibond (1995) dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Damanik (2006) sebanyak 42 item. Penelitian diuji menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASMR bepengaruh terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusmar, A. Y., Vani, A. T., & Wahyuni, S. (2019). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Health & Medical Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/Https://Doi. Org/10.33854/Heme.V1i2.238
Alfa, A. (2014). Perilaku copyng mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam mengatasi stres mengerjakan skripsi (tinjauan bimbingan dan konseling islam). Undergraduate (S1) Thesis: UIN Walisongo.
American Psychological Association. (2014). Stress. https://www.apa.org/
Barratt, E. L., & Davis, N. J. (2015). Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR): A flow-like mental state. PeerJ, 2015(3). https://doi.org/10.7717/peerj.851
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 143–148. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800
Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (1983). A global measure of perceived stress. Journal of Health and Social Behavior, 385–396. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2136404
Crawford, JR & Henry, J. (2003). The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent structure in a large non-clinical sample. British. Journal of Clinical Psychology (2003), 42, 111–113.
Del Campo, M. A., & Kehle, T. J. (2016). Autonomous sensory meridian response (ASMR) and frisson: Mindfully induced sensory phenomena that promote happiness. International Journal of School and Educational Psychology, 4(2), 99–105. https://doi.org/10.1080/21683603.2016.1130582
Fadillah, A. E. (2013). Stres dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang Sedang Menyusun Skripsi. E-Journal Psikologi, 1(3).
Fredborg, B., Clark, J., & Smith, S. D. (2017). An examination of personality traits associated with Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR). Frontiers in Psychology, 8(FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00247
Gori, M., & Kustanti, Y. C. (2018). Studi Kualitatif Perilaku Emotional Eating Mahasiswa Tingkat IV Program Studi Sarjana Keperawatan di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Jurnal Stikes Bethesda, 88–98.
Janik McErlean, A. B., & Banissy, M. J. (2017). Assessing Individual Variation in Personality and Empathy Traits in Self-Reported Autonomous Sensory Meridian Response, Multisensory Research. 30(6), 601–613. https://doi.org/https://doi.org/10.1163/22134808- 00002571
Kumar, Sanjeev,. & Bhukar, J. P. (2013). Stress Level and Coping Strategies of College Students. India: LNIPE.
Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The Eustress Concept: Problems and Outlooks. World Journal of Medical Sciences, 11(2).
Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Springer Publishing Company.Inc.
Lovibond, S. H., & Lovibond, P. F. (1955). Manual for the Depression Anxiety & Stress Scales (second edition). Psychology Foundation.
Lumban Gaol, N. T. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/bpsi.11224
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005
Marks, D.F., Murray M., Evens B., & W. C. (2002). Health phychology. Sage Publication.
Marsden, R. (2012). Maria spends 20 min folding towels’: Why millions are mesmerised by ASMR videos. Independent. https://www.independent.co.uk/life%0A-style/gadgets-and%02tech/features/maria-spends-20-%0Aminutes-folding-towels-why%02millions-are-mesmerised-by-asmr%02videos-7956866.html
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 5(2), 296–302. https://doi.org/https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224
Paszkiel, S., Dobrakowski, P., & Lysiak, A. (2020). The impact of different sounds on stress level in the context of EEG, cardiac measures and subjective stress level: A pilot study. Brain Science, 10(10), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3390/brainsci10100728
Poerio, G. (2016). Could Insomnia Be Relieved with a YouTube Video? The Relaxation and Calm of ASMR. In: Callard F., Staines K., Wilkes J. (eds) The Restless Compendium: Interdisciplinary Investigations of Rest and Its Opposites. PLoS ONE, 13(6), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319- 45264-7_15
Poerio, G. L., Blakey, E., Hostler, T. J., & Veltri, T. (2018). More than a feeling: Autonomous sensory meridian response (asmr) is characterized by reliable changes in affect and physiology. PLoS ONE, 13(6), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0196645
Richard, C. (2018). Brain Tingles: The Secret to Triggering Autonomous Sensory Meridian Response for Improved Sleep, Stress Relief, and Head-to-Toe Euphoria. USA: Adams Media.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental Konsep, Cakupan dan Perkembangan (A. Offset (ed.)).
Solang, D. J., Kaunang, S. E. J., & Legi, E. P. (2022). Pengaruh Autonomous Sensory Meridian Response Terhadap Penurunan Stres Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Program Studi Psikologi Universtas Negeri Manado. Psikopedia, 3(3). https://doi.org/10.53682/pj.v3i3.5665
Sudarman, P. (2004). Belajar Efektif Di Perguruan Tinggi. Simbiosa Rekatama Media.
Sunyoto. (2012). Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian) Edisi Pertama. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Syarofi, Z. N., & Muniroh, L. (2019). Apakah Perilaku dan Asupan Makan Berlebih Berkaitan dengan Stress pada Mahasiswa Gizi yang Menyusun Skripsi ? Jurnal Media Gizi Indonesia, 15(1), 38–44.
Taylor, S. (2013). ‘Head orgasms’, meditation and near death experiences. The Guardian. https://www.theguardian.com/scien%0Ace/brain%02flapping/2013/oct/09/head%02orgasms-meditation-near-death%02experiences
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18.
Weinberg, R. S., & Gould, D. (2003). Foundations of Sport and Exercise Psychology, 3rd edition. Champaign, Il.: Human Kinetics.
Wirawan. (2012). Menghadapi Stress dan Depresi. Platinum.
Wojcik, G. (2019). How the Sound of Rain Can Calm an Anxious Mind. https://www.healthline.com/health/%0Amental-health/rain-calms-anxiety
Wulandari, F. E. (2015). Hubungan Antara Tingkat Stres dengan Tingkat Insomnia Mahasiswa/I Angkatan 2012/2013 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.