Penerapan Teknologi Telekomunikasi Pendidikan Agama Islam dalam RUang Lingkup Mahasiswa

Tiara Maulida Putri, Gita Alisrobia, Muhammad Gani Baihaqi, Hisny Fajrussalam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi mengetahui apakah peran teknologi telekomunikasi digunakan dengan maksimal dalam pembelajaran ilmu Pendidikan agama islam terutama di ruang lingkup mahasiswa. Jenis penelitian yang kami gunakan ialah Penelitian kualitatif dengan subjek penelitiannya ialah Para mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan angket dengan media Google Form,memuat 10 pertanyaan mengenai topik yang berkaitan dengan jurnal ini dan menyebarluaskannya ke subjek peneliti. Untuk menganalisis data yang sudah kami dapatkan kami menggunakan 4 tahapan yaitu,mengumpulkan data,mereduksi data,menyajikan data,dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa menggunakan teknologi telekomunikasi untuk mencari ilmu,tetapi tidak pada ilmu Pendidikan agama islam. Masih sedikit mahasiswa yang menganggap penting bahwa mempelajari ilmu Pendidikan agama islam dijenjang perkuliahan ini.

  


Keywords


Kata Kunci: Teknologi Telekomunikasi,Pendidikan Agama Islam,Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dalam Situasi Pandemi Covid-19. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26

Atika, A. (2021). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Literasiologi, 6(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.241

Darimi, I. (n.d.). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. 11.

Komariah, K., Hamdanah, H., & Surawan, S. (2021). Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Secara Daring. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 43. https://doi.org/10.30659/jpai.4.1.43-52

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818

Subhan, A. (2019). Teknologi Informasi dan Pendidikan Islam. 2(2), 12.

Thabroni, G. (2021, February 7). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis. Retrieved October 31, 2021, from Serupa.id website: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v4i2.19800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.