Pendampingan Keterampilan Berkomunikasi Public Speaking dalam Mendukung Pemasaran Produk UMKM Desa Gedawang Banyumanik Semarang
Abstract
Desa Gedawang Banyumanik Semarang memiliki banyak potensi. Di saat usaha melimpah mereka memanen hasil bumi akan tetapi sebagian dari mereka mendirikan usaha berbasis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dari berbagai sektor. Peluang ini menciptakan masyarakat berinisiatif membangun usaha home industry. Tantangan para pengusaha home industry ini memproduksi produknya berdasarkan banyak sedikitnya pesanan. Mereka belum memanfaatkan media promosi sebagai sarana pemasaran. Beberapa alasan yang muncul diantaranya adalah karena belum dikuasainya teknologi informasi. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan berkomunikasi berupa public speaking kepada warga Gedawang dalam upaya peningkatan standar mutu dan kesejahteraan UMKM mereka. Pendampingan dilakukan dalam bentuk pelatihan public speaking dan pendampingan pelaksanaan pemasaran dengan mengandalkan keterampilan public speaking hingga mampu memasarkan secara mandiri. Pendampingan juga dilakukan dalam bentuk mencarikan relasi atau channel pemasaran agar produk-produk UMKM ini dikenal di masyarakat luas. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pendampingan ini diharapkan warga dapat melakukan presentasi, wawancara atau menyampaikan laporan yang lebih baik setelah mengikuti kegiatan ini.
Gedawang Village Banyumanik Semarang has a lot of potential. When the business is abundant they harvest agricultural products, but some of them establish SMEs (Small and Medium Enterprises) from various sectors. This opportunity creates the community to take the initiative to build a home industry business. The challenge for home industry entrepreneurs is to produce their products based on the number of orders. They have not used promotional media as a marketing tool. Some of the reasons that arise include the lack of mastery of information technology. This activity aims to provide understanding and communication skills in the form of public speaking to Gedawang residents in an effort to improve quality standards and the welfare of their SMEs. Assistance is carried out in the form of public speaking training and mentoring in marketing implementation by relying on public speaking skills to be able to market independently. Assistance is also carried out in the form of finding relationships or marketing channels so that SMEs products are known to the wider community. From the results of the implementation of this assistance activity, it is hoped that residents can make presentations, interviews or submit better reports after participating in this activity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1-13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1
Arliman, L. (2017). Perlindungan hukum UMKM dari eksploitasi ekonomi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387-402. http://dx.doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.194
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179-189. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472
Fuadi, A. O., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Tax & Accounting Review, 1(1), 18.
Hamdy, H. (2001). Ekonomi internasional – teori dan kebijakan perdagangan internasional. Buku 1, Edisi Revisi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM sentra kerajinan batik Kabupaten Bantul. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96-110. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19363
Lucas, S. E. (2009). The art of public speaking 11th edition. Boston. Mc. Graw Hill.
Parvis, L. F. (2001). The importance of communication and public-speaking skills. Journal of Environmental Health, 63(9), 44-44.
Raja, F. (2017). Anxiety level in students of public speaking: Causes and remedies. Journal of education and educational development, 4(1), 94-110.
Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN: Pusat kebijakan ekonomi makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.
Verderber, R. F. Verderber, K. S., & Sellnow, D. D. (2011). The challenge of effective speaking. Boston: Cengage Learning. Beebe, S. A., & Beebe, S. J. (2010). Public speaking handbook. Allyn & Bacon.
Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.2.2.181-190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.