Pembuatan Stik Pelangi untuk pembelajaran bangun datar dan warna pada TK Pertiwi Bungu Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara

Eka Setya Budi, Alex Yusron Al Mufti, Haryanto Haryanto

Abstract


Abstrak

Media pembelajaran yang tepat, sangat mendukung keberhasilan pembelajaran baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karenanya, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian materi.  Mengenalkan pesrta didik  bentuk bangun datar dan warna kebanyakan menggunakan gambar atau alat peraga  dalam jumlah banyak. Hal ini menjadikan pengajaran di sekolah terkesan ribet, guru terkesan kurang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di TK Pertiwi desa Bungu. Solusi yang ditawarkan pada program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pembuatan “stik pelangi“ bagi guru TK Pertiwi Desa Bungu sebagai media pembelajaran bangun datar dan warna. ini diharapkan akan membentuk komunikasi pembelajaran yang efektif di antara guru dan peserta didik, karena proses pembelajaran akan lebih menarik dan mengesankan. Permasalahan yang dihadapi mitra TK Pertiwi Desa Bungu yaitu (1) hasil pembelajaran materi bangun datar dan warna belum optimal. (2) guru TK Pertiwi Desa Bungu belum profesional dalam membuat media pembelajaran.  Stik Pelangia dalah program membuat media pembelajaran yang simple kreatif dan inovatif serta tidak membutukan biaya yang signifikan. Media ini dirancang dengan sedemikian rupa agar tujuan pembelajara dapat tercapai. Dengan adanya pembuatan “Stik pelangi†bagi guru TK Pertiwi Desa Bungu hasil pembelajaran materi bangun datar dan warna peserta didik dapat tercapai secara maksimal.

 

Keywords: Stik pelangi; bangun datar; TK Pertiwi Bungu

 

 

Abstract

Appropriate learning media greatly support the success of learning both in terms of quality and quantity. Therefore, the selection and use of learning media must be adjusted to the needs and suitability of the material. Introducing students form flat shapes and colors mostly using pictures or props in large quantities. This makes teaching in schools seem complicated, teachers seem less creative and innovative in the learning process in Pertiwi Kindergarten in the village of Bungu. The solution offered in this community service program is the creation of a "rainbow stick" for the Pertiwi TK Kindergarten teacher as a medium of learning to build flat and color. This is expected to form effective learning communication between teachers and students, because the learning process will be more interesting and impressive. The problems faced by TK Pertiwi Kindergarten partner are (1) the learning outcomes of flat and color material are not optimal. (2) TK Pertiwi kindergarten teacher is not yet professional in making learning media. Rainbow-Stick is a program that makes learning media that is simple, creative and innovative and does not require significant costs. This media is designed so that learning objectives can be achieved. With the creation of "Rainbow Sticks" for kindergarten teachers in Pertiwi Bungu Village, the learning outcomes of the material in the shape of the flat and the colors of students can be achieved optimally.

Keywords: Rainbow Stick, two-dimentional figure, TK Pertiwi Bungu


Keywords


Rainbow Stick, two-dimentional figure, TK Pertiwi Bungu

Full Text:

PDF

References


Brewer, A.J. (2007). Introduction to Early Children Education Pre School throughPrimary Grades. Pearson Allin & Bacon

Budi, E.S. (2017). “Pengembangan Kipas Pintar Untuk Pembelajaran WADAH (Warna, Angka, Bangun Datar, alfabeth, dan Huruf Hijaiyah†Jurnal Transformatika volume 1 nomor 2 tahun 2017, Magelang: Untidar

Campagne, D.M. (2007). Commonly Known As the Premenstrual Syndrome, Still Lacks Defined and Validated Contents . European Journal of Obstetrics.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Koesoema, D.A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. Cet. I

Marilyne, F. & Sue, D. (2009). Play an Pedagogy in Early Childhood Bending the Rules. Harcourt: Sydney, Forth Wotrh, London, Sandiego, Toronto

Senjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Setiawan. (2000). Lingkaran. Yogyakarta. PPPG Matematika

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-sifatnya di SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Winataputra, U. S. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Zuchdi, D. dkk. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press. Cet. I.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.1.2.194-201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.