PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY-UP BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI-IPS DI SMA NEGERI 6 SEMARANG

Eko Mujiono

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Lay Up bola basket pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian penggunaan Alat Bantu Pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek psikomotorik siswa terdapat peningkatan sebesar 27,78% dari tahap prasiklus (38,89%) ke siklus I (66,67%) dan 16,66% dari siklus I (66,67%) ke siklus II (83,33%). Sedangkan pada aspek kognitif siswa terdapat peningkatan sebesar 22,22% dari tahap prasiklus (38,89%) ke tahap siklus I (61,11%) dan naik sebesar 25% dari siklus I (61,11%) ke siklus II (86,11). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Lay Up bola basket pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang.


Keywords


Hasil Belajar. Lay Up Bola Basket. Alat Bantu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agus Kristiyanto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Agus Margono. (2010). Permainan Bolabasket. Surakarta: UNS Press.

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Annurahman. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badru Zaman dkk. (2008). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Benny A. Pribadi. (2011). Pembelajaran yang Berhasil. Jakarta: Dian Rakyat. Danny

Famura, Safiru Aditya. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Bola Basket Melalui Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA N 2 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Surakarta: UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Husdarta (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Kosasih. (2008). Fundamental Basketball first step to win. Semarang: Karmedia.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dini

Rosdianti. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Federation International de Basketball. (2017). Switzerland: Official Basketball Rules.

FIBA. (2014). Peraturan Resmi Bola Basket. Bandung.

Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jon Oliver. (2007). Dasar-dasar Bola Basket. Human Kinetics: Pakar Raya Pakarnya Pustaka

M. Rohman & Sofan Amri. (2013). Straregi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

M. Sobri Sutikno. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuril Ahmadi. (2007). Permainan Bolabasket. Surakarta: Era intermedia.

Oemar Hamalik. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wira Wiarta. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.17656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id