UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalikarung. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalikarung. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada aspek afektif siswa terdapat peningkatan pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata siswa 82,77% kemudian pada siklus 2 siswa mengalami peningkatan lagi dengan mendapat nilai rata-rata siswa menjadi 83.33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalikarung.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.34097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id