PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karangtalun Kidul. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karangtalun Kidul. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa. Pada aspek afektif siswa terdapat peningkatan pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata siswa 82,77% kemudian pada siklus 2 siswa mengalami peningkatan lagi dengan mendapat nilai rata-rata siswa menjadi 83.33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning berbantuan media tangram dapat meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karangtalun Kidul
Keywords
Konsentrasi Belajar. Matematika. Model Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.34100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id