Hubungan Antara Intensitas Menonton Video Eksperimen Sosial dengan Perilaku Prososial pada Remaja

Rizky Putri Yuliana, Joko Kuncoro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton
video eksperimen sosial dengan perilaku prososial pada remaja. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah siswa SMA Negeri 3 Pekalongan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang
siswa yang terdiri dari 70 siswa perempuan dan 30 siswa laki-laki. Metode yang
digunakan peneliti untuk mengambil sampel adalah teknik simple random sampling.
Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala intensitas menonton video
eksperimen sosial dan skala perilaku prososial. Skala intensitas menonton video
eksperimen sosial berjumlah 16 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,866.
Skala perilaku prososial berjumlah 19 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar
0,860. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi Product
Moment Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif
dan signifikan antara intensitas menonton video eksperimen sosial dan perilaku
prososial. Berdasarkan hasil uji korelasi, diperoleh nilai korelasi Product Moment
sebesar 0,373 serta signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa hipotesis
diterima.
Kata Kunci: perilaku prososial, video eksperimen sosial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.