Kontribusi Supervisor Pendidikan Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Pecangaan

Alicia Aurilly Soeharjo Putri, Ali Bowo Tjahjono, Ahmad Muflihin

Abstract


Abstrak
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang,
dan setiap orang berhak atas pendidikan. Di dalam lembaga pendidikan tidak lepas
dari peran supervisor dalam mengawasi, membimbing, melatih, melatih dan
mengevaluasi kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran.
Oleh karena itu, kontribusi supervisor sangat penting dalam lembaga pendidikan,
serta dengan adanya supervisi pendidikan, dapat memberikan pembinaan dan
evaluasi kinerja mengajar guru. Untuk itu penilitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam dan untuk mendeskripsikan
kontribusi supervisor pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
lapangan (field research). Adapun sumber data dalam skripsi ini berjenis dari data
primer dan data sekunder. Metode prngumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan,
diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N
2 Pecangaan sudah sesuai dengan harapan, hal ini tercermin dari proses
pembelajaran dan hasil belajar, salah satunya adalah kebiasaan ibadah yang akan
menjadi karakter siswa yang lebih baik. (2) Peran supervisor sangat penting untuk
pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pecangaan diantaranya
pengawas sekolah selalu memberikan pelatihan dan bimbingan dalam bentuk
individu maupun klasikal, kepala sekolah langsung menjadi supervisor
pembelajaran pendidikan Agama Islam, dengan membimbing dan mengajar guru
dalam sistem kekeluargaan.
Kata Kunci : Supervisor Pendidikan, Pembelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.