ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD PADA MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pop up terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini memakai desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas IV SD N Genuksari 02 dan guru wali kelas IV SD N Genuksari 02. Teknik yang digunakan dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Pengujian keabsahan dengan menggunakan uji kredibilitas dan validitas ahli. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata siswa dalam penyebaran soal tes mencapai lima puluh empat persen lebih, jadi pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning sudah melebihi lima puluh persen dari jumlah siswa 44 anak.
Kata kunci : Problem Based Learning, pemahaman konsep matematika, media Pop Up
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.