HUBUNGAN ANTARA RASA SYUKUR DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR DI UPT DISDIKPORA KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG

Fitriana Millisani, Agustin Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa syukur dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar di UPT Disdikpora Kecamatan Pamotan Rembang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 guru honorer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampel jenuh. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala kesejahteraan psikologis, skala rasa syukur dan skala dukungan sosial. Skala kesejahteraan psikologis memiliki 41 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,880. Skala rasa syukur memiliki 31 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,869. Skala dukungan sosial memiliki 28 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,859.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara rasa syukur dan
dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar di UPT Disdikpora Kecamatan Pamotan Rembang dengan korelasi R=0,722 Fhitung=31,115 dan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara rasa syukur dengan
kesejahteraan psikologis dengan korelasi rx1y= 0,273 dengan taraf signifikansi p=0,036 (p<0,05), sehingga hipotesis diterima. Uji hipotesis ketiga menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis dengan korelasi rx2y= 0,262 dengan taraf signifikansi p=0,045 (p<0,05), sehingga hipotesis diterima.
Kata kunci : Kesejahteraan psikologis, rasa syukur, dukungan sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.