ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD SUPRIYADI SEMARANG

Ana Lutfiana, Muhammad Afandi, Sari Yustiana

Abstract


Interaksi di dalam pembelajaran sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran sehingga nantinya bisa menghasilkan pembelajaran yang lebih baik lagi dan bermakna. Tanpa adanya interaksi maka pembelajaran akan menjadi monoton. Maka dari itu diperlukan adanya interaksi yang baik antara guru dengan siswa. Interaksi akan terjadi bila antara peserta didik dan pendidik terjalin dengan baik ketika di dalam kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini agar siswa lebih aktif dalam berkomunikasi yakni dengan cara siswa bertanya ketika terjadinya proses pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan strategi learning starts with a question pada
pembelajaran tematik dan penelitian ini dijabarkan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Analisis komunikasi siswa dengan strategi pembelajaran learning starts with a question mendapatkan hasil yang sangat baik, salah satunya siswa ketika berkomunikasi bisa berbicara jelas sehingga dapat di pahami. Begitu pula ketika ada yang sedang berbicara, siswa bisa mendengarkan
dengan baik sehingga tidak memotong pembicaraan. Maka dari itu sangat layak bila strategi learning starts with a question digunakan untuk menunjang hasil pembelajaran.
Kata kunci: learning starts with a question, komunikasi, strategi, interaksi, deskriptif kualitatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.