STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL

Dini Fitriana, Sarjuni Sarjuni, Moh Farhan

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan pokok sehingga dalam praktiknya pendidikan tidak berjangka, melainkan pendidikan berlaku sepanjang hidup atau seumur hidup (Live Long education). Sebagai suatu asas pendidikan, maka pendidikan sumur hidup sudah selayaknya diisi dengan berbagai bentuk macam pendidikan yang satu sama lain berbeda. Salah satunya yaitu Pendidikan non formal ialah pendidikan yang teratur dengan sadar dilakukan tetapi tidak terlalu mengikuti peraturan-peraturan tetap dan ketat. Oleh karena itu, hadirnya sekolah alternatif menjadi harapan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Sekolah alam menjadi sekolah alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif dan inovatif sesuai perkembangan zaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Agama Islam di Sanggar Anak Alam, Nitriprayan Bantul yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Termasuk di dalamnya terdapat metode, model dan pendekatan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sanggar Anak Alam Nitriprayan Bantul sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya semua komponen strategi pembelajaran. Yaitu terdapat strategi pembelajaran langsung, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, pengalaman dan pembelajaran mandiri.
Kata kunci: Strategi pendidikan, sekolah alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.