Hubungan Antara Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 266 m ahasiswa angkatan 2014-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala stres akademik, skala motivasi berprestasi dan skala prokrastinasi akademik. Skala stres akademik memiliki 18 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,767.
Skala motivasi berprestasi memiliki 22 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,813. Skala prokrastinasi akademik memiliki 27 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,871. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi R= 0,709 dan Fhitung = 132,779 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa ada ada hubungan positif yang sangat signifikan antara stres akademik
dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi rx1y = 0,394 dengan taraf siginifikan sebesar 0,000 (p<0,01) sehingga hipotesis diterima. Uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi rx2y
=-0,302 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima.
Kata Kunci: prokrastinasi akademik, stres akademik, motivasi berprestasi.
menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala stres akademik, skala motivasi berprestasi dan skala prokrastinasi akademik. Skala stres akademik memiliki 18 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,767.
Skala motivasi berprestasi memiliki 22 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,813. Skala prokrastinasi akademik memiliki 27 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,871. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi R= 0,709 dan Fhitung = 132,779 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa ada ada hubungan positif yang sangat signifikan antara stres akademik
dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi rx1y = 0,394 dengan taraf siginifikan sebesar 0,000 (p<0,01) sehingga hipotesis diterima. Uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa UNISSULA dengan korelasi rx2y
=-0,302 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima.
Kata Kunci: prokrastinasi akademik, stres akademik, motivasi berprestasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.