HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM†MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan Kecenderungan narsistik pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang.Variabel tergantung pada penelitian ini adalah kecenderungan narsistik, variabel bebas adalah harga diri .Subjek dalam penelitian ini berjumlah 211 mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala NPI(Narcissistic Personality Inventory)dengan indeks daya beda aitem antara 0,262–0,658 dan skala SEI (Self-Esteem Inventory) dengan indeks daya beda aitem antara 0,263–0,625. Skala kecenderungan narsistik terdiri 40 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,882. Skala harga diri terdiri dari 29 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,834. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu Product Moment. Berdasarkan penelitian ini terdapat hasil dari nilai korelasi rxy = -0,016 dan nilai signifikansi p= 0,814 (p> 0,01), artinya tidak ada hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsistik.
Kata kunci : Kecenderungan Narsistik, Harga Diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.