Implementasi Metode Demonstrasi Dalam pembelajaran Fikih di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak
Abstract
Tantangan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa ini sekarang adalah bagaimana cara membuat peserta didik faham dan melaksanakan materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh guru, peserta didik biasanya sekedar tahu tentang teori tetapi tidak mengetahui bagaimana praktiknya. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi seorang guru. Tujuan dari skripsi ini adalah memberikan paparan atau pandangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran agar peserta didik bisa mempraktikkan secara langsung kettika berada di rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: implementasi yaitu perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi sudah dan selesai dengan ketentuan kemudian pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan adanya RPP yang sudah mencantumkan silabus dan juga bahan ajar, pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi lebih efektif dan effesien dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pelaksanaan dengan menggunakan penugasan memberikan rangsangan kepada peserta didik juga lebih mudah untuk memahami pembelajaran pendidikan Agama Islam. Peserta didik lebih aktif dalam berlangsungnya proses pembelajaran, peserta didik juga lebih memperhatikan guru menjadikan peserta didik lebih mudah dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru kemudian Evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak sudah sesuai dengan instrument penilaian.
Keywords: implementasi, metode, demonstrasi
Keywords: implementasi, metode, demonstrasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.