PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TAMYIZ DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

Muhammad Ansharullah, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Moh Farhan

Abstract


Penulisan ini mencoba menjawab dari rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu : 1). Bagaimana perencanaan metode Tamyiz dalam mata pelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. 2). Bagaimana pelaksanaan metode Tamyiz dalam mata pelajaran Bahasa Arab di SMP
Islam Sultan Agung 4 Semarang. 3). Bagaimana evaluasi metode Tamyiz dalam mata pelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penulis melaksanakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis menyatukan data penelitian dengan menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data, penulis menggunakan cara analisis kualitatif model reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pertama, perencanaan metode Tamyiz dalam
pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang dilaksanakan dengan baik dan lancar, karena sebelum proses pembelajaran guru/pendidik menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, pelaksanaan metode Tamyiz dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang dilaksanakan dengan baik., karena proses pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang telah ditentukan. Ketiga, evaluasi metode Tamyiz dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang ternilai baik, karena sesuai dengan rencana pembelajaran yang di ingginkan.
Kata Kunci : Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode Tamyiz

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.