The Effect of Self-Awareness and Self-Regulated Learning on Student Mathematics Learning Outcomes
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abror, M. H. (2022). Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676
Al Mulhim, E. N. (2020). Flipped learning, self-regulated learning and learning retention of students with internal/external locus of control. International Journal of Instruction, 14(1), 827–846. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14150A
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media berbasis adobe flash materi pecahan matematika untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258
Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The level of self-regulated learning and self-awareness in science learning in the covid-19 pandemic era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544
Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di smkn 1 cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.
Carden, J., Jones, R. J., & Passmore, J. (2022). Defining self-awareness in the context of adult development: a systematic literature review. Journal of Management Education, 46(1), 140–177. https://doi.org/10.1177/1052562921990065
Damas Sadewo, Y., Dheni Purnasari, P., Muslim, S., Universitas Negeri Jakarta, P., & Shanti Bhuana, I. (2022). Philosophy of mathematics: the position, role, and perspective of problems in the study of mathematics. Jurnal Kelitbangan, 10(1).
Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran jarak jauh berbasis video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1540
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Fajriah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246
Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di kampung pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 324–334. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1876
Handayani, D., Septhiani, S., Matematika, P., & Pgri, U. I. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional aspek kesadaran diri terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.
Lase, S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Warta Edisi, 56(April).
Lontoh, F. O. L., Oktavianus, J., Juanda, Laras, L., Tumbel, D., & Permana, S. (2021). Impact of sense of belonging and self-awareness on professionalism of teachers. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 1156–1160.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP wiyatama bandar lampung. Konseli : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 17–31. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.555
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.862
Masrura, S. I., & Murtafiah, M. (2018). Kontribusi kesadaran metakognisi dan motivasi belajar matematika terhadap prestasi akademik mahasiswa FMIPA universitas sulawesi barat. Saintifik, 4(1), 74–82. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.146
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh motivasi, lingkungan belajar, dan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP negeri 22 samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perkembangan pembelajaran matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Nu’man, M. (2019). Self awareness siswa madrasah aliyah dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.51-58
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Ruswana, A. M. (2018). Korelasi antara self -regulated learning dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), hlm. 381-388.
Sari, N. K., & Himmi, N. (2019). Pengaruh kedisiplinan, rasa percaya diri, dan kecerdasan logis matematis terhadap tasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1784
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas model pembelajaran open-ended terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. Jes-Mat (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 35–46. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 4(4), 1363–1368.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisipilinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di desa bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.7.1.19-37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lintang Kemala Arviani, Sintha Sih Dewanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id