Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui hubungan kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika serta dilanjutkan dengan menghitung seberapa besar pengaruh variabel bebas tersebut secara bersamaan terhadap hasil belajar matematika siswa. Variabel penelitian terdiri dari variable bebas: kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar, variable terikatnya adalah hasil belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan jenis penelitian korelasional. Teknik analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel-variabel. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2017/ 2018. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada data kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk data kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh nilai Sig. 0.003< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk data pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0.031 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui hubungan kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika serta dilanjutkan dengan menghitung seberapa besar pengaruh variabel bebas tersebut secara bersamaan terhadap hasil belajar matematika siswa. Variabel penelitian terdiri dari variable bebas: kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar, variable terikatnya adalah hasil belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan jenis penelitian korelasional. Teknik analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel-variabel. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2017/ 2018. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada data kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk data kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh nilai Sig. 0.003< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk data pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0.031 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2012. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hiemstra. 1994. Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds), The International Encyclopedia of Education (second edition). Oxford: Porgomon Press.
May Lwin, dkk. 2008. How To Multiply Your Child’s Intelligence. Yogyakarta: PT. INDEKS.
B.Uno, Hamzah. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indah Lestari. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal. dalam
http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/formatif/article/viewfile%20/118/115 diakses pada 12 Mei 2018
Suriasumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar populer). Jakarta: Pustaka Sinar harapan.
Afandi, Muslim. Pendidikan Islam dan Multiple Intelligences. Jurnal Potensia, (Vol.13 Ed. 2, Juli/2014)
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indah.
Suhendri, Huri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29-39
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.1.1-14
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Fadila Alfi'a Nur Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id