PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Mera Putri Dewi, Neviyarni S, Irdamurni Irdamurni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia Sekolah Dasar.  Jenis penelitian yang diguanakan yaitu studi kepustakaan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan studi dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menganalisis isi dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku dan jurnal yang relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini yaitu perkembangan anak yang berkembang pesat pada usia Sekolah Dasar yaitu perkembangan bahasa, emosi, dan sosial. Perkembangan  tersebut tidaklah sama antara satu  anak dengan yang lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan tersebut diantaranya faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Dengan adanya kajian mengenai perkembangan  ini dapat dijadikan acuan untuk guru untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dan untuk melihat permasalah yang terjadi di sekolah. Sehingga guru bisa mencari solusi dalam mengatasi permasalahan dalam perkembangan anak.

Keywords


Perkembagan, Bahasa, Emosi, Sosial, Anak, SD.

References


Andriana, I. (2008). Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan. STAIN Pamekasan, 3(1), 106–120. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=267646

Izzaty, R. E. (2008). Perkembangan Anak Usia 7 – 12 Tahun. Jurnal Pendidikan, 1–11.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Silawati, E. (2016). Simulasi Guru Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikandikan.

Suriadi, & Yuliani, rita. (2006). Asuhan Keperawatan Pada Anak. Jakarta: Sangung Setia.

Surna, Nyoman, I., & Pandeirot, D, O. (2014). Psikologi Pendidikan 1 (A. Maulana, ed.). Jakarta: Erlangga.

Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26.

Yusuf, & Samsu. (2006). Pengertian Dan Ciri-Ciri Perkembangan. 30(3), 243–250.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id