ANALISIS STRATEGI USAHA KECIL MENENGAH UNTUK PEMASARAN PRODUK KAIN BATIK REMBANG MENGGUNAKAN METODE Strength, Weakness, Opportunities, Thearts (SWOT) DAN Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Imat Muhafid, Andre Sugiyono

Abstract


Data dari Usaha Kecil Menengah, menunjukkan bahwa jumlah UKM yang aktif dari tahun 2020 ke tahun 2021 mengalami penurunan, selain itu juga jumlah produk yang terjual di tiap UKM mengalami banyak penurunan pada masa pandemi dari 2020 ke tahun 2021, harapan penjualan batik di tiap UKM pada Usaha Kecil Menengah sehingga dapat membantu dengan mengenalkan dan mempromosikan hasil produk batik Rembang. Metode SWOT digunakan untuk menganalisis secara gamblang mengenai peluang serta ancaman internal serta eksternal yang dihadapi perusahaan juga dapat untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sehingga memunculkan alternatif strategi pemasaran baru. Matriks QSPM merupakan teknik analisis dalam literature yang didesain untuk menentukan daya tarik relatif dari berbagai tindakan alternatif. Pada tahap pertama yaitu menentukan dan menganalisis matrix IFE dan EFE untuk menentukan total score tertimbang pada setiap faktor internal dan eksternal. Adapun total score nilai tertimbang matrix IFE sebesar 2,837 sedangkan total score tertimbang matrix EFE sebesar 2,926. Setelah diketahui total nilai tertimbang kedua matrix tersebut langkah selanjutnya membuat matrix grand strategi untuk mengetahui posisi dan strategi yang dapat diterapkan sesuai dengan posisi perusahaan. Pada matrix grand strategi ini diperoleh bahwa Usaha Kecil Menengah berada pada kuadran 1 (IFE =2,837, EFE= 2,926) dan jika berada pada kuadran tersebut dengan demikian maka beberapa pilihan strategi yang dapat diambil yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk dan selanjutnya matrix SWOT yang akan menghasilkan alternatif strategi kemudian dari analisis matrix grand strategi dapat menarik kesimpulan untuk menggunakan strategi yang paling menarik menggunakan QSPM. Pada hasil perhitungan matrix QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) diperoleh sesuai Usaha Kecil Menengah Kabupaten Rembang guna untuk meningkatkan penjualan batik Rembag. Adapun score TAS yang diperoleh pengembangan pasar pada matrix QSPM sebesar 7,43009. Adapun strategi terbaik yang dapat digunakan yaitu Menjaga hubungan dengan para investor Asing di bidang Pariwisata untuk memperkenalkan batik khas Rembang dan Membuka pemesanan produk kerajinan Batik khas Rembang secara online dengan memanfaatkan E-Commerce yang ada di Indonesia seperti toko Online Shop dan melalui Web

Full Text:

PDF

References


Adi, wijaya A. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Aswara, D. A. W., & Hartini, S. (2014). Perencanaan Strategi Bisnis UKM Produk Berbahan Limbah Kayu Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (Qspm)(Studi Kasus: Ud. mursodo). Industrial Engineering Online Journal. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/6695

David, F. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Giatno. (2015). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik di Batik Putra Laweyan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

GIATNO. (2015). Upaya Meningkatkan Penjualan Batik. 16.

Hasibuan. (2017). Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Medan Area. Pengayakan, 37, 1–4.

Hunger, J. David dan Wheelen, T. L. (2003). Manajemen Strategi. Yogyakarta.

Kotler, P. dan G. A. (2004). Dasar - Dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia.

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, E. A. (2010). PT Samudera Nusantara Logistindo. Ekonomi Dan Bisnis, Vol.1 No.1(9), 169–184.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Mahmud, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Pajaruddin. (2010). Analisis Pengembangan Strategi Pemasaran Mebel di Sentra Industri Mebel Jakarta Timur. Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cetakan Keduapuluh Tiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, V. N., & Ali, H. (2019). Perumusan Strategi Bagi Universitas Putra Indonesia Yptk Padang Untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.42

Septiyana, W. (2012). Skripsi Sebagai Prasyarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Teknik WISHNU SEPTIYANA NIM I0307084.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Utari, S. D., & Widiasih, W. (2020). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PAVING DENGAN PENDEKATAN MATRIKS EFE DAN IFE SERTA QSPM “ ( Studi Kasus : CV . Alexis Beton ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.