PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGDOWO
Abstract
Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan antara pembelajaran sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dilihat dari hasil pretest dan posttest dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan menggunakan SPSS dengan ketentuan jika nilai Sig.(2-tailed)< 0,05 maka hipotesis diterima. Output SPSS menghasilkan nilai signifikan sig.(2-tailed) 0,00 yang artinya hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah pembelajaran penjumlahan dan pengurangan menggunakan media gambar seri lebih baik dibandingkan pembelajaran ceramah dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa lebih tinggi ketika posttest disbanding pretest yaitu 80 berbanding 55 untuk hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Gambar Seri, Hasil Belajar, Matematika.
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo
Berpikir, K., & Dan, K. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan. 12(1).
Fahyuni, E. F., & Pembelajaran, I. M. (2015). Jenis – Jenis Media Dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, Media Pembelajaran, 8
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Hadi, S. S. S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak TK B (Penelitian pada siswa …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/418/
Ilmiah, J., Teknik, P., Pemberian, P., Terhadap, P. D. A. N. P., Belajar, H., Diklat, M., Dev, H. D. W., Siswa, A. P., Negeri, S. M. K., & Basung, L. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw.dev.100.2.a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.