PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ TAHSIN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Faradilla Ulya Mudyana, Khoirul Anwar

Abstract


Mempelajari dan menghafalkan ayat suci al-Qur’an ini tidak bisa sembarangan, tetapi harus ada ilmu yang dipelajari dalam proses belajar al-Qur’an, seperti metode Tahfidz Tahsin al-Qur’an yaitu metode yang mempelajari tentang hukum bacaan al-Qur’an. Guru Tahfidz dalam menerapkan metode hafalan bagi peserta didik, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 ada beberapa guru yang menggunakan cara seperti memberikan hadiah kepada peserta didik yang mau menghafal surah-surah yang sudah ditugaskan oleh guru tersebut, maka dengan cara inilah peserta didik lebih bersemangat untuk menghafal al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan program Tahfidz Tahsin bisa berjalan dan bagaimana upaya yang dilakukan guru Tahfidz untuk menerapkan program tersebut, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari program Tahfidz Tahsin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Demak. Metode penelitian yang memuat definisi konseptual yang berupa pertama, Tahfidz Tahsin yang berisi tentang : membaca Iqro’, membaca surah-surah pendek, serta menghafal surah-surah pendek. Yang kedua implementasi program Tahfidz Tahsin yang berisi tentang : perencanaan yang dilakukan madrasah, pelaksanaan ketika berada di dalam kelas, serta evaluasi yang dilakukan madrasah guna mewujudkan tujuan dari program tersebut. Selanjutnya jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan sumber dari hasil observasi yang penulis lakukan ketika terjun ke lapangan, seperti : mewawancarai kepala sekolah terkait Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Demak, selanjutnya mewawancarai wakil kepala sekolah urusan kurikulum, kemudian mewawancarai salah satu guru mata pelajaran Tahfidz serta koordinator program Tahfidz Tahsin. Kemudian data-data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa program Tahfidz Tahsin sudah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan oleh madrasah dan pelaksanaannya pun juga sudah sesuai. Saran yang diberikan oleh penulis yaitu bagi guru dan para pembaca artikel jurnal ini.

Kata Kunci : Tahfidz Tahsin; membaca; menghafal; Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Alfi Novianti Rizkia. (2021). Implementasi Tahsin dan Tahfidz Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di SDIT Al-Qur’aniyyah. In Skripsi (online).

Anwar, K., Choeroni, C., & Makhshun, T. (2021). Pembelajaran PAI Berbasis Daring bagi Guru TK di Kecamatan Mranggen Demak. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 145. https://doi.org/10.30659/ijocs.3.2.145-152

Assingkily, M. S. (2019). PERAN PROGRAM TAHFIZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1). https://doi.org/10.22373/JM.V9I1.4157

Fathah, M. U. A. (2021). Metode Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Smp Mbs Bumiayu. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(2), 188. https://doi.org/10.18592/jiiu.v20i2.4750

Hurri, A. (n.d.). Cepat dan kuat hafal Juz ’Amma metode Al-Qosimi - JAKLITERA. 2010. Retrieved February 12, 2023, from https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=JAKPU-11139000000428

Hidayat, UIN Palembang, Raden Fatah. Uin, G. (2022). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang. QUALITY, 10(1), 47–60. https://doi.org/10.21043/quality.v10i1.13803

Kholidin, N. (2013). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL QUR’AN KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN YOGYAKARTA. Skripsi Universitas AlMa Ata.

Mahbuddin. (2017). Penerapan Metode Tahsin dan Tahfizal-Qur’an(T2Q) Terhadap Pembelajaran Al-Qur’An di SMP Islam Athirah I Kota Makassar. In Mahbudin.

Musradinur, M., Harnedi, J., & Saputra, E. (2022). Upaya Guru Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di SMP IT Cendikia Takengon. Ta’dib, 11(2), 1–5. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i2.34

Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374

Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138

Rudiyanto. (2019). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’ an Di Sma Science Plus Baitul Qur’an.

ruhyat, H. (n.d.). Resume Buku penelitian Kualitatif Prof. Sugiyono. Retrieved December 16, 2022, from https://www.academia.edu/5923222/Resume_Buku_penelitian_Kualitatif_Prof_Sugiyono

Sobry, M., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif: Mengurai Seputar APA dan Bagaimana CARA PRAKTIS Menulis dan Melakukan PENELITIAN KUALITATIF Secara Benar Dari A sampai Z. 1–200.

Sugiono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Ulfa, L. M. (2018). Upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. Skripsi Iain Metro, 4, 76.

Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Rovolusi, 301–310.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.