HUBUNGAN ANTARA MINDFULNESS DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara mindfulness dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan angkatan 2021 dengan jumlah populasi sebanyak 240. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi dengan jumlah responden sebanyak 87 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yakni skala stres akademik dari rangkaian skala perceived sources of academic resources sebanyak 18 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,847 dan skala mindfulness dari rangkaian skala mindful attention awareness scale sebanyak 15 aitem dengan reliabilitas 0,930. Hasil analisis korelasi pearson diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy=-0,601 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara mindfulness terhadap stres akademik. Dimana semakin tinggi mindfulness maka akan semakin rendah juga stres akademik pada mahasiswa.
Kata Kunci: Stres Akademik, Mindfulness.
Full Text:
UntitledReferences
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Mawakhira Yusuf, N., & Mawa Yusuf, J. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84.
Kristensen, S. M., Larsen, T. M. B., Urke, H. B., & Danielsen, A. G. (2023). Academic stress, academic self-efficacy, and psychological distress: a moderated mediation of within-person effects. Journal of Youth and Adolescence. https://doi.org/10.1007/s10964-023-01770-1
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 142-149. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Huang, N., Qiu, S., Alizadeh, A., & Wu, H. (2020). How incivility and academic stress influence psychological health among college students: The moderating role of gratitude. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph17093237
Dhamayanti, T. P., & Yudiarso, A. (2020). The effectiveness of mindfulness therapy for anxiety: a review of meta analysis. Psikodimensia, 19(2), 174. https://doi.org/10.24167/psidim.v19i2.2734
Yuliana, A. R., Safitri, W., & Ardianti, Y. (2022). Penerapan terapi mindfulness dalam menurunkan tingkat stres mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 11(2), 154-163.
Anggraeni, R. W., & Syafitri, D. U. (2022). Hubungan antara mindfulness dengan stress pada mahasiswa tingkat akhir fakultas hukum universitas haluoleo kendari. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(3), 880-890. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.4890
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. In Health Psychology Open. https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822-848. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.4.822
Yuliana, A. R., Safitri, W., & Ardianti, Y. (2022). Penerapan terapi mindfulness dalam menurunkan tingkat stres mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 11(2), 154-163.
Kholidah, E., & Alsa, a. (2012). Berpikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67-75.
Werty, M., Situmorang, N. Z., & Mujidin. (2021). Hubungan antara mindfulness dan kesejahteraan subjektif mahasiswa selama pandemi. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(1), 12-23.
Refbacks
- There are currently no refbacks.